PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SISTEM MOVING CLASS DI SMA N 2 WATES

CATUR WAHYUNING INDARTI, NIM. 08410266 (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SISTEM MOVING CLASS DI SMA N 2 WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SISTEM MOVING CLASS DI SMA N 2 WATES)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SISTEM MOVING CLASS DI SMA N 2 WATES)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

CATUR WAHYUNING INDARTI, 08410266. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Sistem Moving Class di SMA N 2 Wates. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah Sistem pembelajaran tematik melalui metode moving class pada dasarnya adalah upaya untuk mendekatkan proses pembelajaran kepada proses yang di inginkan, harapannya, dapat mengoptimalkan potensi dan bermanfaat dalam proses pembelajaran. Sehingga selama proses pembelajaran waktu yang panjang anak tetap aktif, kreatif, belajar secara efektif dan menyenangkan. Pemakaian model kelas kompetensi juga diharapkan dapat membentuk pencapaian ketuntasan belajar, sebab proses pembelajaran siswa di moving class dapat terfokus pada bidang kompetensi yang sedang dipelajari. Pemakaian model kelas kompetensi akan lebih memenuhi prinsip efisiensi dan efektifitas pendidikan dikarenakan kelas kompetensi merupakan kelas dan sekaligus laboratorium bagi siswa. Moving class merupakan sistem pembelajaran yang bercirikan kelas sesuai mata pelajaran, dengan demikian, ruang kelas ditata sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Misalnya PAI, maka ruangan penuh dengan nuansa religius. Sejak berdirinya SMA N 2 Wates tahun 1982-2008 menggunakan sistem pembelajaran konvensional, kemudian di tahun 2009 mulai menerapkan sistem Moving Class. Dalam waktu empat tahun, dimulai tahun 2009 SMA N 2 Wates masih konsisten menerapkan Moving Class dan terus berinovasi untuk menunjang pendidikan di SMA N 2 Wates, baik dari sarana pendidikan sampai kurikulum pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem moving class serta kelibahan dan kekurangan dari sistem moving class sehingga layak dijadikan sebagai salah satu pengelolaan kelas di sekolah terutama SMA N 2 Wates dan menjadi rujukkan untuk sekolah yang lain bila ingin menerapkan Moving Class. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research), yang bersifat kualitatif dengan mengambil judul Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Sistem Moving Class di SMA N 2 Wates. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan teknik trianggulasi. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa subyek penelitian yang dijadikan sebagai narasumber untuk memperoleh informasi guna mengumpulkan data dilapangan, diantaranya: Kepala sekolah, guru PAI, siswa kelas X, Waka bidang kurikulum, dan kepala tata usaha. Hasil penelitian ini yaitu 1) Proses pembelajaran di SMA N 2 Wates sudah sesuai dengan tata tertib SMA N 2 Wates dan strategi pelaksanaan Moving Class. Hal itu dapat dilihat dari pengelolaan perpindahahn peserta didik, pengelolaan ruang belajar-mengajar dimana guru memiliki ruang tersendiri sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sehingga guru tidak perlu berpindah tempat dan dapat mempersiapkan meteri pelajaran secara matang serta persiapan menghadapi anak- anak, siswa merasa lebih fresh, tidak mudah bosan, lebih fokus dalam menerima pelajaran yang telah diajarkan karena dengan nuansa yang berbeda-beda dalam setiap memasuki ruangan kelas. Dapat melihat pemandangan disekitar sehingga ia tidak bosan nuansa kelas yang berbeda-beda. 2) Faktor pendorong, penghambat serta penanganannya dalam Moving Class dalam yaitu, siswa lebih fresh, tidak mudah bosan, ngantuk dan lebih fokus dalam menerima pelajaran. Siswa lebih banyak bersosialisasi dan dapat melihat seluruh kondisi sekolah. Guru tidak perlu berpindah tempat dan dapat lebih fokus dalam mempersiapkan pembelajaran dan menghadapi siswa. Kendala dalam moving class yaitu, ruang kelas lebih banyak, fasilitas lebih dilengkapi dan media pembelajaran harus lebih memadai. Kebersihan kelas harus terjaga dan siswa harus sehat. Bentuk-bentuk penanganannya yaitu dibuat loker, tim kurikulum membuat jadwal yang tidak bertubrukan. 3) Hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI dengan menggunakan sistem Moving Class di SMA N 2 Wates tahun ajaran 2012/2013 meningkat dan melebihi nilai KKM yaitu bernilai 78, jika dilihat dari segi kognitif, dari segi afektif siswa secara aktif mengikuti pelajaran PAI, siswa mencatat materi yang telah diajarkan oleh guru, siswa menyiapkan bahan ajar sebelum dimulai pelajaran PAI dan siswa tepat masuk ke dalam kelas. Dari segi psikomotorik siswa dapat praktik atau melaksanakn sholat secara benar dari lafal niat sampai salam, dapat mempraktikkan membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai tajwid, dapat mempraktikkan sholat jenazah dan mempraktikkan berwudhu dengan benar .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 13:59
Last Modified: 19 Mar 2014 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum