PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH NAHDHATUL ULAMA (LAZISNU) GUNUNGKIDUL

RIKA YUNI RAHMAWATI, NIM. 09390028 (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH NAHDHATUL ULAMA (LAZISNU) GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH NAHDHATUL ULAMA (LAZISNU) GUNUNGKIDUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH NAHDHATUL ULAMA (LAZISNU) GUNUNGKIDUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

Sebuah lembaga zakat tidak akan berkembang dan maju tanpa adanya anggota dalam hal ini muzakki. Selain itu lembaga zakat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yaitu dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan muzakki. Dimensi kualitas pelayanan tersebut adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Antara dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan anggota saling berkaitan dan saling mendukung. Kelima karakteristik tersebut digunakan untuk mengukur dan menilai seberapa jauh lembaga mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada anggotanya. Sehingga anggota atau muzakki mendapatkan kepuasan atas pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dimensi kualitas pelayanan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan muzakki. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, data yang dipakai adalah data primer yang didapatkan melalui kuesioner dan observasi langsung ke lapangan atau objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, analisis regesi linear berganda, uji R square, uji F dan uji t. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel pada kualitas pelayanan tidak semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki LAZISNU Gunungkidul. Hasil pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0, 468 yang berarti kualitas pelayanan mampu mempengaruhi kepuasan muzakki LAZISNU Gunungkidul sebesar 46,8% . Artinya, kualitas pelayanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kepuasan muzakki LAZISNU Gunungkidul, tetapi ada faktor lainnya yang mempengaruhi selain variabel bebas yang dipakai dalam penelitian ini. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Kepuasan muzakki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: H.M. YAZID AFANDI, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Kepuasan muzakki.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2014 11:15
Last Modified: 26 Sep 2016 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11092

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum