NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

HESTI ROHANI, NIM. 09480059 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (862kB)

Abstract

Hesti Rohani, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014 Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah perkembangan dunia yang semakin maju justru membuat nilai budi pekerti luhur semakin luntur. Oleh karena itu penting adanya penanaman akhlak kepada anak sejak usia dini. Pembentukan manusia yang berbudi pekerti luhur adalah proses pembentukan kepribadian yang tidak bisa tumbuh dengan tiba-tiba dan serta merta, tetapi dengan melalui proses. Penanaman nilai budi pekerti luhur tidak hanya dapat diperoleh dari pendidikan formal saja namun dapat pula melalui media lain seperti media elektronik, media cetak, media massa, dan lain-lain. Namun sayangnya banyak masyarakat yang beranggapan bahwa peran sastra khususnya novel hanya dipandang sebagai bacaan ringan dan hiburan belaka. Padahal di dalam novel banyak sekali mengandung makna dan nilai-nilai pendidikan. Novel Moga Bunda Disayang Allah adalah salah satu novel anak yang sarat akan nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dan bagaimana relevansinya dengan pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini diharapkan dapat mempermudah memahami nilai-nilai dalam karya sastra dan juga menambah wawasan tentang Agama Islam khususnya pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) dan bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan obyektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis). Obyek dalam penelitian ini adalah Novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah adalah akhlak kepada Allah yang meliputi beribadah kepada Allah, berdzikir kepada Allah, ikhlas, syukur kepada Allah dan berdo’a kepada Allah; akhlak kepada diri sendiri yang meliputi pantang menyerah, sabar, pemaaf dan optimis; akhlak kepada sesama manusia yang meliputi menghormati tamu, tolong menolong, empati, dan menghargai orang lain. Selain itu juga terdapat akhlak tercela yang harus kita hindari, yaitu minum-minuman keras dan tak acuh. (2) Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dengan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, yaitu adanya kesesuaian antara nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : H. Jauhar Hatta, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: nilai, pendidikan akhlak, pembelajaran akidah akhlak
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Mar 2014 07:23
Last Modified: 14 Feb 2017 03:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item