UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA KARIER (STUDI PADA BEBERAPA DOSEN-DOSEN WANITA JURUSAN AL AHWAL ASY SYAKHSIYYAH DI FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

SUKMA BUDI BAKTI ANGGRAINI M, NIM. 09350101 (2013) UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA KARIER (STUDI PADA BEBERAPA DOSEN-DOSEN WANITA JURUSAN AL AHWAL ASY SYAKHSIYYAH DI FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA KARIER (STUDI PADA BEBERAPA DOSEN-DOSEN WANITA JURUSAN AL AHWAL ASY SYAKHSIYYAH DI FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA KARIER (STUDI PADA BEBERAPA DOSEN-DOSEN WANITA JURUSAN AL AHWAL ASY SYAKHSIYYAH DI FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (970kB)

Abstract

Pernikahan adalah ikatan suci antara pria dan wanita sebagai suami isteri. Bagi pasangan suami isteri yang sudah dikaruniai anak hal tersebut akan menjadi permasalahan ketika seorang isteri ikut bekerja atau sebagai wanita karier. Ketika suami isteri sibuk bekerja tentunya akan sulit untuk menjalankan kewajiban rumah tangga dan bisa berdampak pada keharmonisan keluarga. Fenomena yang demikian terjadi pada dosen wanita yang ada di Jurusan Al-ahwal Asy-syakhsiyyah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari fenomena tersebut muncul pertanyaan bagaimana pandangan dosen wanita yang ada di Jurusan Al-ahwal Asy-syakhsiyyah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tentang keluarga sakinah serta bagaimana upaya yang mereka lakukan untuk menciptakan keluarga sakinah dalam keluarga karier. Dengan pendekatan normatif skripsi ini akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan baik dengan wawancara, metode kuesioner, serta analisa data sebagai metode pengumpulan data. Kemudian dengan proses analisa akan di kumpulkan, di susun dan di klasifikasikan kedalam tema-tema yang di sajikan kemudian di analisa dan di paparkan dengan cara mendeskripsikan apa adanya. Selain itu proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua pertanyaan diatas. Dari pertanyaan yang ada muncul jawaban tentang bagaimana pandangan dosen wanita yang ada di Jurusan Al-ahwal Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tentang keluarga sakinah yaitu sebuah keluarga dimana kondisi keluarga tersebut yang harmonis, tenang, bahagia, nyaman, damai, rukun, tentram, tidak pernah tengkar, serta semua perbuatan atau aktifitas dalam keluarga tersebut didasarkan pada aturan-aturan dan ajaran agama Islam. Sedangkan upaya yang mereka lakukan untuk mewujudkan keluarga sakinah diantaranya menjaga komunikasi, instropeksi diri dan evaluasi, saling memahami dan saling menghargai, peningkatan suasana kehidupan yang agamis dalam keluarga, dukungan suami terhadap karier isteri sebagai wujud rasa kasih sayang,dan isteri tetap bisa mengatur waktu dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. H. AGUS MOH. NAJIB, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Keluarga sakinah, keluarga karier, dosen wanita
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2014 07:35
Last Modified: 18 Apr 2016 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum