LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

SULIS TRIYONO, NIM. 09220043 (2013) LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB)

Abstract

Latar belakang dalam skripsi ini adalah bahwasannya masih banyak siswa yang beranggapan bahwa guru bimbingan konseling sebagai polisi sekolah yang mencari-cari kesalahan siswa. Para siswa menafsirkan bahwa yang dipanggil ke ruang bimbingan konseling adalah siswa yang bermasalah dan mendapat hukuman. Hal ini terbukti dengan jarangnya siswa yang berkunjung ke ruang bimbingan konseling hanya yang dipanggil saja. Pemahaman siswa mengenai bimbingan konseling masih minim, sehingga siswa masih beranggapan negatif terhadap bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Yogyakatra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif (studi kasus). Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru BK, dan siswa kelas VII, VII, dan IX. Sedangkan objek penelitiannya adalah bentuk-bentuk pelaksanaan layanan bimbingan konseling meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan bimbingan konseling pribadi dan kelompok. Metode penggumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif-kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan orientasi di MTs Negeri Sumbergiri Ponjong adalah layanan orientasi melalui kegiatan MOS (masa orientasi siswa), layanan informasi aplikasi instrumen, himpunan data, home visit, konfrensi kasus, alih tangan, kotak konsultasi, papan bimbingan. Layanan penempatan dan penyaluran meliputi penempatan siswa dalam kelas, penempatan kelompok belajar, kegiatan ekstrakurikuler dengan potensi serta konseling individu. Layanan pembelajaran dengan cara memberikan hadiah, membantu kesulitan belajar individu atau kelompok, dan membangkitkan motivasi belajar. layanan pribadi bimbingan konseling pribadi, untuk menyelesaikan masalah siswa, menyelesaikan baik kesulitan belajar maupun kehidupan pribadi siswa. Layanan bimbingan kelompok melaksanakan kegiatan pengarahan, dan kegiatan selingan berupa permainan untuk memperkuat jiwa kelompok, pemantaban, atau relaksasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. ABROR SODIK, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling, siswa, madrasah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2014 07:36
Last Modified: 10 Nov 2015 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum