EFEKTIFITAS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IX F DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

MASYKUR ZAINAL MUTTAQIN, NIM. 09420089 (2014) EFEKTIFITAS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IX F DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IX F DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IX F DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Masykur Zainal Muttaqin, Efektifitas Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Kelas IX F Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Seyegan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas Lectora Inspire sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada siswa MTs Negeri Seyegan kelas IX F semester II. Oleh karena itu dikenakan tindakan dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan media Lectora Inspire kepada 23 siswa, untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan Subjek pelaku tindakan seluruh siswa-siswi kelas IX F MTs Negeri Seyegan yang berjumlah23 anak. Instrument penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes prestasi hasil belajar bahasa Arab dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, namun juga didukung dengan data kuantitatif. Analisis data kualitatif dicapai dengan beberapa langkah, diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif ditempuh dengan menghitung hasil prosentase observasi tindakan dan tes prestasi hasil belajar bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan media Lectora Inspire dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas IX F MTs Negeri Seyegan. Pada siklus I, presentase peningkatan kemampuan membaca siswa sebesar 66,7 %, pada siklus II, presentase naik menjadi77,3 %. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah dikenakan tindakan dengan menggunakan Lectora Inspire. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa yang pada siklus II sebesar 77,3 %, maka dari segi tercapainya tujuan yang ditetapkan yaitu 75 %, penggunaan media Lectora Inspire dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa IX F MTs Negeri Seyegan dapat dikatakan berhasil dengan kategori baik, kemudian Lectora Inspire sebagai media pembelajaran pada penelitian ini memenuhi kriteria efektif dengan presentase 77,3 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu’tashim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektifitas, Lectora Inspire, Kemampuan Membaca
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 10:10
Last Modified: 28 Jul 2017 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum