PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MTs IMAM PURO KUTOARJO PURWOREJO

MUFLIKHAH, NIM. 06420061 (2014) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MTs IMAM PURO KUTOARJO PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MTs IMAM PURO KUTOARJO PURWOREJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MTs IMAM PURO KUTOARJO PURWOREJO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muflikhah, Penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Imam Puro Kutoarjo Purworejo Tahun akademik 2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan siswa aktif secara maksimal, baik dalam kegiatan intelektual, emosional, maupun fisik pada siswa kelas VIII A MTs Imam Puro Kutoarjo Purworejo Tahun akademik 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus terhadap 28 siswa. Setiap siklus terdiri dari lima tahap yaitu presentasi kelas, belajar kelompok, game(permainan), tournament(kompetisi), team recognize(penghargaan kelompok). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Analisis yang dilakukan secara deskriptif dengan teknik prosentase. Tingkat motivasi siswa dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, proses pembelajaran bahasa Arab melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat berlangsung dengan baik dalam dua siklus. Kedua, adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Aspek motivasi siswa meliputi: rasa senang, perhatian dan partisipasi. Pada pratindakan prosentase motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sedang (63,79%), pada siklus I prosentase belajar siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi (76,18%), dan siklus II prosentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi kategori sangat tinggi (82,83%). Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan jika terdapat permasalahan yang sama dalam tingkat penerimaan dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab yang sangat variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu’tasim, M.si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 10:13
Last Modified: 21 Jul 2017 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum