KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR BAGI PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

SEPTIANA WIDYA NINGRUM, NIM. 09480011 (2014) KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR BAGI PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR BAGI PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR BAGI PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI 6 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)

Abstract

SEPTIANA WIDYA NINGRUM. Kepala Sekolah Sebagai Motivator Bagi Peningkatan Kinerja Guru di SD N Minomartani 6, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kinerja guru, (2) Bagaimana usaha yang dilakukan kepala sekolah sebagai motivator bagi peningkatan kinerja guru, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah sebagai motivator bagi peningkatan kinerja guru. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kinerja guru sudah mencakup kemampuan pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru. (2) Usaha yang dilakukan kepala sekolah adalah dengan mendorong para guru untuk mengikuti diklat, seminar, KKG. Selain itu, kepala sekolah memberikan motivasi dengan memberikan hadiah, melaksanakan kunjungan kelas sesuai dengan kesepakatan yang dibuat guru dengan kepala sekolah, menyediakan dan menambah alat peraga pendidikan ataupun media pembelajarn yang diperlukan, dan memberikan kesempatan guru untuk melanjutkan studi. (3) Faktor pendukungnya adalah semangat tinggi yang dimiliki kepala sekolah, dana cukup, kepribadian guru yang mudah diajak kerja sama serta sarana dan prasarana memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jadwal kunjungan kelas yang meleset karena kesibukan kepala sekolah, kemampuan para guru untuk menerima teknologi sudah berkurang karena faktor usia, dan adanya guru yang kurang merespon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Jauhar Hatta, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Usaha Kepala Sekolah, Motivator, Peningkatan Kinerja Guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Mar 2014 07:32
Last Modified: 01 Mar 2017 01:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item