PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH

AMIN ROKHMAT SAPUTRO, NIM. 06390088 (2013) PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi earning per share pada Perusahaan Consumer Goods di Daftar Efek Syariah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO) dan Net Profit Margin (NPM). Populasi sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Consumer goods yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian yaitu tahun 2009 sampai dengan tahun 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan current ratio, debt to equity ratio, total assets turn over dan net profit margin mempunyai pengaruh terhadap earning per share. Berdasarkan pengujian secara parsial rasio keuangan yang berpengaruh terhadap earning per share yaitu current ratio, debt to equity ratio dan net profit margin, namun total assets turn over tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap earning per share. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,768, hal ini berarti 76,80% variasi earning per share dapat dijelaskan oleh variasi dari empat variabel yang berpengaruh terhadap earning per share. Sedangkan sisanya (100% - 76,80% = 23,2%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Kata Kunci: Earning Per share, Current Ratio, Dept to Euity Ratio, Total Asset Turn Over, Net Profit Margin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Dr. H. Slamet Haryono, SE, M.Si.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2014 07:36
Last Modified: 26 Sep 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item