TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN KHIYAR DALAM JUAL BELI BARANG ELEKTRONIK SECARA ONLINE (STUDI KASUS DI TOKO ONLINE KAMERA MBANTUL)

DWI SAKTI MUHAMAD HUDA, NIM. 09380054 (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN KHIYAR DALAM JUAL BELI BARANG ELEKTRONIK SECARA ONLINE (STUDI KASUS DI TOKO ONLINE KAMERA MBANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN KHIYAR DALAM JUAL BELI BARANG ELEKTRONIK SECARA ONLINE (STUDI KASUS DI TOKO ONLINE KAMERA MBANTUL))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN KHIYAR DALAM JUAL BELI BARANG ELEKTRONIK SECARA ONLINE (STUDI KASUS DI TOKO ONLINE KAMERA MBANTUL))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan satu sama lain. Salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan kegiatan jual beli. Pada umumnya jual beli terjadi disebuah majlis ataupun pasar, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman saat ini, lambat laun transaksi jual beli yang terjadi di pasar banyak yang telah dikonversi pada bentuk jual beli yang berbeda, salah satunya jual beli online. Karena begitu besarnya antusias masyarakata terhadap trend jual beli online yang mewabah saat ini, maka perlu adanya kajian lebih lanjut mengenai prinsip jual beli online yang senafas dengan kaidah-kaidah Islam. Penyusun menjawab permasalahan yang terjadi dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan survey lapangan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa cara yaitu teknik observasi dengan cara melakukan pencatatan dan perekaman sistematis semua data yang diperlukan. Dalam hal ini objek yang menjadi konsentrasi penyusun adalah system jual-beli online yang terjadi di lokasi penelitian, yaitu Toko Online Kamera Mbantul. Pelaksanaan teknik observasi dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dengan pihak terkait dan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teori jual beli khiyār dan hukum Islam. Hasil dari penelitian dianalisis menggunakan teori jual beli khiyār dan hukum Islam. Bentuk jual beli dan proses transaksi yang diterapkan pada Toko Online kamera Mbantul tidak berbeda jauh dengan jual beli pada umumnya, hanya saja system online digunakan sebagai media jual dan media transaksi. Selain itu bentuk jual beli khiyār terbukti diterapkan Toko Online Kamera Mbantul, hali ini terbukti dari garansi barang yang telah diberikan, yang juga sebagai bentuk jual beli khiyār, yaitu khiyār syarat dan khiyār ‘aib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Prof. Dr. H. SYAMSUL ANWAR, MA.
Uncontrolled Keywords: Khiyar, jual beli, barang elektronik, online, jual beli online
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2014 00:36
Last Modified: 06 Aug 2018 07:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item