EKSPERIMENTASI METODE SOSIODRAMA TERHADAP UPAYA PENINGKATAN MAHARAH AL- KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N JATIMULYO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

AHMAD YASIN , NIM. 09420061 (2014) EKSPERIMENTASI METODE SOSIODRAMA TERHADAP UPAYA PENINGKATAN MAHARAH AL- KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N JATIMULYO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE SOSIODRAMA TERHADAP UPAYA PENINGKATAN MAHARAH AL- KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N JATIMULYO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE SOSIODRAMA TERHADAP UPAYA PENINGKATAN MAHARAH AL- KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N JATIMULYO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Yasin, 09420061, “Eksperimentasi Metode Sosiodrama Terhadap Peningkatan Maharah Al-kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs N Jatimulyo Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Bahasa Arab merupakan alat utama bagi peserta didik untuk bisa mempelajari ilmuilmu serta kebudayan Islam. Akan tetapi, masih banyak sekali permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya pada masalah metode dan strategi yang digunakan untuk mengajarkan empat maharah (keterampilan) yang terdapat daplam pelajaran Bahasa Arab. Hal tersebut yang sangat berpengaruh terhadap hasil prestasi siswa. Permasalahan inilah yang menginspirasi penulis untuk mengadakan ekperimentasi metode sosiodrama dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan metode sosiodrama dan seberapa besar peningkatan tersebut khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab yang mempunyai beberapa maharah sebagai kompetensi dasarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi, dimana subjek penelitiannya adalah siswa MTs Kelas VIII. Dari populasi disekolah yang diteliti diambil dua kelompok homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen. Dengan menggunakan The Randomized Pretest – Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukan bahwa uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Thitung = 3,308 Ttabel = 2,079 (Ha diterima) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok Kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Thitung = 10,110 Ttabel = 2,079 (Ha diterima), yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : NurHadi, M.A,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 18:12
Last Modified: 03 May 2017 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum