STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHAARAH AL- QIRO’AH SISWA KELAS XI DI MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013

BUDIAWAN , NIM. 09420032 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHAARAH AL- QIRO’AH SISWA KELAS XI DI MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHAARAH AL- QIRO’AH SISWA KELAS XI DI MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHAARAH AL- QIRO’AH SISWA KELAS XI DI MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)

Abstract

Budiawan, 09430032, Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Mahaarah Al- Qiro’ah Siswa Kelas XI Di MAN Gandekan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui implementasi serta mengetahui faktor dan pendukung pembelajaran guru bahasa Arab dalam meningkatkan Mahaarah al-Qiro’ah siswa kelas XI di MAN Gandekan Bantul. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini pada kelas XI program ilmu pengetahuan alam (IPA ) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS) di MAN Gandekan Bantul. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknis analisis data dengan analisis data secara induktif yaitu dengan mendeskripsikan realita fenomena sebagaimana apa adanya terpisah dari perspektif subyektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Arab dalam meningkatkan Mahaarah al-Qiro’ah siswa kelas XI adalah dengan pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan edukatif, pendekatan pembiasaan, pendekatan fungsional. Metode yang digunakan adalah menggabungkan metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode diskusi, metode tugas dan resitasi. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi interaktif. Sedangkan langkahlangkah Pembelajaran meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa Arab adalah terdapat semangat guru dalam mengajar bahasa Arab dengan sikap keterbukaan terhadap penyampaian materi, terdapat sumber belajar yang diwajibkan kepada siswa untuk memiliki yaitu lembar kerja siswa (LKS), terdapat semangat siswa mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa asing serta semangat kerja kelompok. Sedangakan faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab adalah ada beberapa siswa yang masih kurang dalam membaca text arab dan Al-Qur‟an, latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, waktu pembelajaran bahasa Arab yang minim 90 menit dalam seminggu sehingga keterbatasan waktu inilah menjadikan guru bahasa Arab kesulitan untuk membimbing peserta didik yang kurang lancar dalam membaca text arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H.Zainal Arifin Ahmad
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 18:15
Last Modified: 05 May 2017 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

View Item View Item