PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX, PERIODE 2008 – 2012

FAJAR NUR HAFIDZAH, NIM. 09390008 (2013) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX, PERIODE 2008 – 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX, PERIODE 2008 – 2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX, PERIODE 2008 – 2012)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menyeimbangkan kepentingan, baik kepentingan di dalam perusahaan maupun kepentingan di luar perusahaan. Kepentingan di dalam perusahaan melalui pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), sedangkan dari luar perusahaan melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) terhadap karyawan, masyarakat, lingkungan maupun negara. Dengan GCG yang baik akan mampu mengendalikan masalah keagenan yang sering muncul dalam suatu perusahaan. Sementara, CSR merupakan alat perusahaan untuk meningkatkan image baik di depan masyarakat sehingga dapat digunakan untuk memacu perusahaan agar berjalan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara pengungkapan CSR, GCG dan kinerja perusahaan. Pengungkapan CSR diukur menggunakan indeks Corporate Social Disclosure Index (CSDI), GCG diproksikan dengan kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, serta frekuensi rapat komite audit yang dilaporkan dalam laporan tahunan perusahaan dan kinerja perusahaan diukur menggunakan Return On Equity (ROE). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index yang mengikuti aktif diperdagangkan mulai tahun 2008-2012, mengungkapkan informasi pengungkapan CSR pada tahun pengamatan, menerbitkan laporan keuangan tahunan (annual report) secara lengkap tahun 2008-2012 dan memiliki data yang lengkap terkait dengan variabel yang digunakan, termasuk struktur kepemilikan perusahaan serta struktur pengelolaan perusahaan yang diungkapkan dalam laporan tahunan 2008-2012. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 sampel. Alat statistik yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, (2) variabel Good Corporate Governance secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan (3) GCG: kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, frekuensi rapat dewan komisaris dan frekuensi rapat komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, hanya komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Kinerja Perusahaan (ROE)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. M. YAZID AFANDI, M.Ag
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2014 08:27
Last Modified: 26 Sep 2016 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum