FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan BMT ANFA’ Pucang)

ISNA ZAHROYANI ASIFAH, NIM. 09390038 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan BMT ANFA’ Pucang). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan BMT ANFA’ Pucang))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan BMT ANFA’ Pucang))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

BMT merupakan salah satu lembaga keuangan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar yang lebih benar dan menyeluruh di bidang perekonomian masyarakat khususnya masyarakat kecil dan menengah. Dalam rangka memberdayakan masyarakat kecil dan menengah, BMT ANFA’ telah menyediakan beberapa produk yang siap digunakan oleh anggota BMT ANFA’. Seorang anggota BMT ANFA’ sudah pasti akan memilih produk yang dapat membantu kebutuhan ekonomi mereka.Eksistensi dan perkembangan perusahaan jasa banyak tergantung pada kualitas pelayanan. Dengan kualitas pelayanan yang baik maka nasabah akan merasa puas dan selanjutnya akan menumbuhkan kepuasan anggota pada pihak penyedia jasa. Selain dari aspek kualitas layanan, citra lembaga, rasa percaya anggota, komitmen anggota, serta penanganan komplain juga berpengaruh terhadap kepuasan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka (numerik). Populasi dari penelitian ini adalah anggota BMT ANFA’. Sedangkan sampelnya 90 anggota BMT yang kebetulan ditemui selama penelitian berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis secara lengkap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota BMT ANFA’. Metode yang digunakan yaitu metode kuisioner dan waancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas-Reliabilitas, Asumsi Klasik, Uji F, Uji t, Koefisien Determinasi, Analisa Regresi Berganda, sertaAnalisaUji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra lembaga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan anggota BMT ANFA’. sedangakan varianel rasa percaya, komitmen, serta penanganan komplain terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan anggota BMT ANFA’. Kata kunci: Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Rasa Percaya, Komitmen, Penangnan Komplain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. H. SYAFIQ M. HANAFI, SE, M. Si
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Rasa Percaya, Komitmen, Penangnan Komplain.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:19
Last Modified: 26 Sep 2016 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum