NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK-ANAK ANGIN KARYA BAYU ADI PERSADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH

EKA NUR WIJAYANTI, NIM. 09480114 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK-ANAK ANGIN KARYA BAYU ADI PERSADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK-ANAK ANGIN KARYA BAYU ADI PERSADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK-ANAK ANGIN KARYA BAYU ADI PERSADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

EKA NUR WIJAYANTI, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada dan Relevansinya bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Degradasi karakter dikalangan generasi muda, khususnya peserta didik di sekolah, sering kita saksikan di berbagai media massa. Dalam acara di beberapa stasiun televisi, juga tidak sedikit menanyangkan sikap anak yang kurang hormat terhadap kedua orang tua, guru, orang yang lebih tua, dan tokoh masyarakat yang lain. Fenomena ini dapat diilustrasikan sebagai sosok anak bangsa yang berada dalam kondisi split personality (kepribadian yang pecah, tidak utuh). Krisis tersebut bersumber dari krisis moral/akhlak yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai kehilangan karakter sebagai bangsa yang santun dan jujur. Oleh sebab itu, negara perlu mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah sebagai salah satu solusi membendung degradasi karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada dan Relevansinya bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library search). Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca, dan peduli sosial. Sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada ada kesesuaian antara nilai pendidikan karakter dalam novel bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Sehingga novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada cocok untuk digunakan guru sebagai bahan referensi tambahan yang relevan dalam menunjang pengajaran dan penanaman nilai pendidikan karkater untuk anak usia Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Siti Johariyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Novel Anak-Anak Angin Karya Bayu Adi Persada
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Mar 2014 02:28
Last Modified: 14 Feb 2017 03:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11167

Actions (login required)

View Item View Item