EFEKTIVITAS PERMAINAN MOTIVASIONAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1

RISULI SAPUTR, NIM. 09420023 (2014) EFEKTIVITAS PERMAINAN MOTIVASIONAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS PERMAINAN MOTIVASIONAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS PERMAINAN MOTIVASIONAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Risuli Saputra, “ Efektifitas Permainan Motivasional Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri Yogyakarta 1 ”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Problematika tentang lemahnya prestasi dan metode pembelajaran siswa dalam belajar bahasa Arab menjadikan peneliti untuk meneliti masalah tentang proses pembelajarn bahasa Arab di MTs Negeri Yogyakarta 1. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan permainan motivasional terhadap siswa kelas VII MTs Negeri Yogyakarta 1. (2) Bagaimana efektifitas permainan motivasional belajar bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTsN Yogyakarta 1. Untuk mengetahui permasalahan tersebut peneliti turun langsung sebagai observer. Dalam penerapan permainan motivasional guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan mengarahkan. Pembelajaran ini menggunakan 4 permainan motivasional, a). Numbered hed Together, penerapannya siswa membentuk kelompok dan diberikan nomor, dan guru memberikan kuis kepada setiap kelompok, b). Question student have, penerapnnya siswa menulis dikertas kosong dan menulis pertanyaan tentang materi pembelajaran, c). card sort, penerapannya guru membagikan kartu yang bergambar kemudian siswa mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria kartu yang dipegangnya, d). resume kelompok, penerapannya siswa membentuk kelompok dan diberikan teks bacaan kemudian siswa meresum bacaan dan mempresentsasikan hasil resuman. Untuk menghitung hasil analisis data peneliti menggunakan SPSS for16, Efiktivitas permainan motivasional pada pembelajaran bahasa Arab kelas eksperimen dapat dikatakan sangat efektif, yaitu dapat ditunjukkan ada 92,1% siswa kelompok eksperimen yang dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab dengan nilai terendah 53 dan nilai tertinggi 100 dengan nilai rata-rata 85,59. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil tes ujian tengah semester kelompok eksperimen dengan kelompok konrol. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan harga t hitung (t0) sebesar 2,210 dengan df 62 apabila dikonsultasikan dengan harga t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,003. Dengan demikian, dari hasil yang diperoleh menyatakan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti penggunaan permainan motivasional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VII MTs N Yogyakarta 1 dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kanta kunci: Permainan motivasional, Penerapan, Prestasi.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 09:41
Last Modified: 24 Jul 2017 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum