IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH KALĀM SISWI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

HANIAMMARIA, NIM. 10420042 (2014) IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH KALĀM SISWI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH KALĀM SISWI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH KALĀM SISWI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Haniammaria, Implementasi Kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Dalam Meningkatkan Mahārah Kalām Siswi Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini difokuskan pada gambaran implementasi kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik dalam meningkatkan maharah kalam dengan subyek penelitian Siswi kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dan kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik sebagai buku panduan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik khusunya dalam meningkatkan maharah kalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Penulis datang langsung ke lapangan yaitu SMA IT Abu Bakar untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab siswi kelas XI dalam meningkatkan maharah kalam. Penulis juga menganalisis materi yang terkandung dalam kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) implementasi kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik di kelas XI sudah efektif meskipun belum maksimal karena keadaan siswi kelas XI yang heterogen menyebabkan adanya perbedaan kemampuan dan hasil evaluasi. Dalam Implementasi pembelajaran Ustadz selalu berusaha untuk mengembangkan maharah kalam peserta didiknya untuk membiasakan mereka dalam berbicara munggunakan bahasa Arab 2) dilihat dari konsep materi yang terkandung dalam kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik, materi tersebut sudah efektif dan sesuai untuk meningkatkan maharah kalam khususnya siswi kelas XI. Materi yang terkandung dalam kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik sesuai dengan standar kelayakan materi 3) nilai hasil evaluasi pembelajaran kalam siswi kelas XI sangat bagus, kelas XI IPA 3 menunjukkan hasil rata-rata kelas 8,8 dan untuk kelas XI IPS menunjukkan nilai rata-rata kelas 8,9 dan rata-rata untuk siswi kelas XI baik IPA maupun IPS adalah 8,85

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Adzfar Ammar, M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Mahārah Kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 09:57
Last Modified: 30 May 2017 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum