STRATEGI GURU SD MUHAMMADIYAH MLANGI DALAM MENGAJARKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI LINGKUNGAN PESANTREN NU MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA

ROFIQ IRWAN AS’ADI, NIM. 09480103 (2014) STRATEGI GURU SD MUHAMMADIYAH MLANGI DALAM MENGAJARKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI LINGKUNGAN PESANTREN NU MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU SD MUHAMMADIYAH MLANGI DALAM MENGAJARKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI LINGKUNGAN PESANTREN NU MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU SD MUHAMMADIYAH MLANGI DALAM MENGAJARKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI LINGKUNGAN PESANTREN NU MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

ROFIQ IRWAN AS’ADI, “Strategi Guru SD Muhammadiyah Mlangi dalam mengajarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Lingkungan Pesantren NU Mlangi Sleman Yogyakarta”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. SD Muhammadiyah Mlangi adalah salah satu sekolah dasar Muhammadiyah yang menarik. Keberadaannya di tengah lingkungan Nahdlatul Ulama dan mampu berdampingan dengan Pondok Pesantren menarik perhatian peneliti. SD Muhammadiyah memiliki mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang memiliki pemahaman-pemahaman dan amaliah yang berbeda dengan apa yang di pelajarai siswa-siswanya di Pondok Pesantren. Namun dalam faktanya SD Muhammadiyah Mlangi begitu diminati oleh penduduk di sekitarnya. Banyak warga NU yang menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Mlangi. Penelitian ini difokuskan pada persoalan: strategi guru dalam mengajarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan paradigma alamiah. Jenis kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi serta menggunakan teknik analisis data model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan fokus penelitian, maka temuan penelitian menunjukan bahwa ada bebarapa hambatan dan konflik dalam pembelajaran al Islam dan Kemuhammadiyahan yaitu: 1) Perbedaan amaliah antara NU dan Muhammadiyah, 2) Idealisme santri terhadap ajaran kiainya, 3)Jam pelajaran Kemuhammadiyahan yang kurang maksimal, 4) Media pembelajaran yang kurang memadai, 5) Banyaknya administrasi guru. Strategi guru SD Muhammadiyah Mlangi dalam mengajarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat inklusif-pluralis dan multikultural. Dalam penerapannya guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Mlangi melakukan dua macam pendekatan. Pendekatan yang pertama pendekatan terhadap siswa, guru SD Muhammadiyah Mlangi dalam mengajarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyan menggunakan strategi pembelajaran langsung disertai dengan sikap toleransi, metode-metode yang digunakan adalah sebagaimana metode pada umumnya meliputi ceramah , diskusi, tanya jawab, demonstrasi. Pendekatan yang kedua adalah pendekatan terhadap masyarakat, bentuk dari pendekatan ini adalah mujahadah menjelang ujian akhir nasional, takziah, penerimaan rapor. pendekatan ini berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Zainal Arifin ,M.S.I
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Mar 2014 02:59
Last Modified: 28 Feb 2017 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item