PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II DI SD/MI

ULIYA KHOIRUN NISA, NIM. 10481025 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II DI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II DI SD/MI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN KELAS II DI SD/MI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Uliya Khoirun Nisa. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Director Mx dalam Pembelajaran Perkalian Kelas II di SD/MI”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia director mx dalam pembelajaran perkalian kelas II di SD/ MI, dan 2) kelayakan media pembelajaran berbasis macromedia director mx dalam pembelajaran perkalian kelas II di SD/ MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Dick and Carry yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Instrumen penilaian ini berupa angket. Penilaian dilakukan oleh reviewer (ahli materi dan ahli media), peer reviewer, guru dan direspon oleh siswa kelas II MIN Tempel Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian dengan 18 kriteria penilaian untuk ahli materi, 2 aspek penilaian dengan 7 kriteria penilaian untuk ahli media, 8 aspek penilaian dengan 25 kriteria penilaian untuk peer reviewer, 8 aspek penilaian dengan 25 kriteria penilaian untuk guru matematika dan 6 aspek penilaian dengan 15 kriteria penilaian untuk respon siswa. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran matematika. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia director mx dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 83 dan persentase keidealan 91,95%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 31 dan persentase keidealan 88,34%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 110,5 dan persentase keidealan 88,40%. Berdasarkan penilaian guru adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 116 dan persentase keidealan 92,80%. Dan respon yang diberikan 10 siswa kelas II MIN Tempel dengan skor 15 dan 100% respon positif. Berdasarkan hasil penilaian dari reviewer (ahli materi dan ahli media), peer reviewer, guru serta respon siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia director mx dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika di SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, macromedia director mx.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Mar 2014 03:47
Last Modified: 28 Feb 2017 06:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item