EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS BILANGAN PADA KELAS III MIN RINGINANOM TEMANGGUNG

WIDARNINGSIH, NIM 09480127 (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS BILANGAN PADA KELAS III MIN RINGINANOM TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS BILANGAN PADA KELAS III MIN RINGINANOM TEMANGGUNG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS BILANGAN PADA KELAS III MIN RINGINANOM TEMANGGUNG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Widarningsih “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Garis Bilangan Pada Siswa Kelas III MIN Ringinanom Temanggung” Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan menggunakan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN Ringinanom tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 48 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diawali dengan memberikan pretest dan didapatkan sampel kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) untuk hasil posttest adalah 0,01, nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05), maka H0 ditolak, artinya rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Alat peraga, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Mar 2014 03:52
Last Modified: 28 Feb 2017 03:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item