OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 5 SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA

SITI AISAH , NIM. 10480003 (2014) OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 5 SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 5 SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 5 SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Siti Aisah, "Optimalisasi Metode Pembelajaran Inquiri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Tunarungu Kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kendala yang dialami guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; (2) mengetahui permasalahn yang dialami siswa tunarungu dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia; (3) mengetahui optimalisasi metode pembelajaran inquiri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) kendala yang dialami guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa tunarungu kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta; (2) permasalahan yang dialami siswa ttmaningu pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta; (3) optimalisasi metode pembelajaran inquiri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentansi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kendala dan pemasalahan yang dihadapi siswa tunartmgu dan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang diambil berdasarkan wawancara dan observasi, optimalisasi metode pembelajaran inquiri yang diambil berdasarkan wawancara dan observasi, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengambil data seperti gambaran umum sekolah, RPP, dan hasil belajar. Indikator hasil penelitian ini adalah: (1) tercapai 3 ranah pembelajaran (kognitif, afektif, psikomotorik), (2) tercipta komunikasi dalam pembelajaran, (3) tercapainya nilai KKM (>=70). Optimalisasi metode inquiri dilaksanakan pada perencanaan dan proses pembelajaran, dan untuk mengetaui optimalnya metode inquiri dilihat pada hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran inquiri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu optimal. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: optimalisasi, metode inquiri siswa tunarungu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Mar 2014 05:45
Last Modified: 31 Jan 2017 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item