PEMIKIRAN SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ANALISIS AYAT-AYAT TOLERANSI DALAM TAFSIR AL-MUNIR)

AINI HANIFAH , NIM. 10410140 (2014) PEMIKIRAN SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ANALISIS AYAT-AYAT TOLERANSI DALAM TAFSIR AL-MUNIR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ANALISIS AYAT-AYAT TOLERANSI DALAM TAFSIR AL-MUNIR))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ANALISIS AYAT-AYAT TOLERANSI DALAM TAFSIR AL-MUNIR))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

AINI HANIFAH. Pemikiran Syaikh Nawawi Al-Bantani tentang Toleransi antar Umat Beragama dan Relevansinya terhadap Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis Ayat-Ayat Toleransi dalam Tafsir Al-Munir) Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah Toleransi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam masyarakat, hal itulah yang menjadi pentingnya toleransi masuk pada kurikulum pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan budaya, suku, ras, bahasa dan agama yang beragam. Namun pada kenyataannya, konflik keagamaan seringkali terjadi, di antaranya bentrok antar agama yang merisaukan masyarakat. Jika toleransi itu dibangun dalam kehidupan sosial masyarakat, maka tidak akan ada berbagai kejadian seperti halnya bentrok antar umat beragama. Dalam hal ini, Syaikh Nawawi Al-Bantani dikenal sebagai sosok ilmuwan dalam bidang keagamaan yang banyak mengarang kitab-kitab yang digunakan dalam pendidikan formal maupun non formal. Salah satu karya besarnya yaitu Tafsir Al-Munir yang terkenal di berbagai kalangan masyarakat. Tafsir Al-Munir banyak menjelaskan ayat-ayat tentang pesan toleransi antar umat beragama yang diungkapkan secara eksplisit. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Dalam hal ini, penelitian terhadap ayat-ayat toleransi dalam tafsir Al- Munir serta buku-buku yang sesuai dengan penelitian ini. Penulis menggunakan pendekatan ilmu pendidikan yaitu melakukan analisis tentang toleransi antar umat beragama dalam ayat-ayat toleransi tafsir Al-Munir perspektif edukatifnya. Metode analisis data yang digunakan yaitu Content analysis yakni membahas secara mendalam terhadap isi suatu informasi yang tetulis dalam media masa. Sumber yang akan dideskripsikan dengan analisis yang memadai adalah tentang ayat-ayat toleransi serta implikasinya terhadap kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam tingkat menengah (SMP). Hasil penelitian ini yaitu: pertama, penafsiran Syaikh Nawawi terhadap ayat-ayat toleransi secara keseluruhan berisi mengajak kepada perdamaian dan sikap saling menghormati dan menghargai antar umat beragama dalam masyarakat. Akan tetapi, untuk akidah dan syariatnya tetap pada agama masingmasing. Kedua, dari analisis pemikiran Syaikh Nawawi Al-Bantani tentang toleransi antar umat beragama sangat relevan ketika dihubungkan dengan kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam tingkat menengah (SMP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. Maragustam, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 13:14
Last Modified: 02 Aug 2017 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11200

Actions (login required)

View Item View Item