NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR LIR-ILIR KARYA SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

AHMAD MUBAROK, NIM. 09410002 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR LIR-ILIR KARYA SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR LIR-ILIR KARYA SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SYAIR LIR-ILIR KARYA SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)

Abstract

AHMAD MUBAROK. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Syair Lir-Ilir Karya Sunan Kalijaga dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Latar belakang penelitian ini adalah keinginan penulis untuk mengetahui lebih mendalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung didalam syair lir-ilir karya Sunan Kalijaga dan kemudian mencari titik titik relevansi yang relevan dengan Pendidikan Islam. Syair lir-ilir merupakan syair yang sudah dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat jawa. Sehingga ketika Pemerintah Indonesia mencanangkan pentingnya pendidikan karakter, sebenarnya dari dulu para tokoh seperti Sunan kalijaga telah mengajarkannya kepada masyarakat tentang pentingnya pembentukan karakter seperti yang terkandung didalam syair lir-ilir. Penelitian ini meruapaka penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil latar syair lir-ilir karya Sunan Kalijaga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, yaitu dengan cara mencari data dari buku-buku, jurnal, surat kabar, rekaman, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian. Analisi data yang digunakan adalah content analysis atau analisis isi yaitu dengan cara menganalisis isi yang terkadung didalam syair lir-ilir karya Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan:1) dalam syair lir-ilir karya Sunan Kalijaga terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yaitu, nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. 2) relevansinya dengan pendidikan Islam yaitu: dalam hal tujuan sama-sama bertujuan membangun potensi spiritual yang berhubungan dengan aqidah, potensi psikologis yang berhubungan dengan tingkah laku, dan potensi sosial. Dalam hal kompetensi pendidik sama-sama menekankan kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi menggunakan setrategi. Dalam hal materi sama-sama mengajarkan materi aqidah, materi ibadah, materi akhlak, materi jihad atau bersungguh-sungguh, dan materi jasmani. Dalam hal metode pendidikan terdapat metode pembiasaan, metode perumpamaan, metode permainan, dan metode keteladanan. Dalam hal evaluasi terdapat evaluasi observasi partisipan yang dilakukan oleh cah angon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H Maragustam Siregar, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:29
Last Modified: 02 Aug 2017 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum