KONSEP PENDIDIKAN DALAM BUKU HOW TO MASTER YOUR HABITS KARYA FELIX Y. SIAUW DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN AKHLAK REMAJA

AKHMAD RAMADON, NIM. 10410112 (2014) KONSEP PENDIDIKAN DALAM BUKU HOW TO MASTER YOUR HABITS KARYA FELIX Y. SIAUW DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN AKHLAK REMAJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KONSEP PENDIDIKAN DALAM BUKU HOW TO MASTER YOUR HABITS KARYA FELIX Y. SIAUW DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN AKHLAK REMAJA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( KONSEP PENDIDIKAN DALAM BUKU HOW TO MASTER YOUR HABITS KARYA FELIX Y. SIAUW DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN AKHLAK REMAJA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AKHMAD RAMADON. Konsep Pendidikan dalam Buku How To Master Your Habits Karya Felix Y. Siauw dan Implementasinya terhadap Metode Pembelajaran Akhlak Remaja. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah remaja sebagai pemegang masa depan bangsa sangat rawan sekali dengan kenakalan. Kenakalan-kenakalan yang saat ini sudah sangat ironi terjadi di sana sini. Menjadi pertanyaan besar kemana mereka akan membawa bangsa ini, nanti. Seharusnya penanaman akhlak yang seharusnya menjadi obat untuk kenakalan remaja seperti mereka. Namun sayangnya tidak mudah menanamkan akhlak kepada mereka. Para remaja seringkali menganggap kolot pelajaran agama yang terkandung akhlak di dalamnya. Memerlukan metode atau cara yang sedikit berbeda dengan membingkainya konsep dengan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, namun tetap membawa esensi dari akhlak itu sendiri. Konsep habits menurut ustadz Felix Y. siauw bisa menjadi satu solusi dalam membentuk akhlak yang baik. Namun, bagaimanakah konsep dan implementasinya? Dalam penelitian ini akan diteliti bagai mana konsep sekaligus implementasi pada metode pembelajaran akhlak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan menekankan pada pembahasan isi yang terkandung dalam buku How to Master Your Habits, dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dianalisis dengan cara konseptual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep pendidikan akhlak menurut Felix Y. Siauw. Akhlak menurut Felix Y. Siauw dalam buku “How to Master Your Habits”, menitik beratkan pada tingkah laku yang terjadi secara otomatis, tanpa pertimbangan, dan pikir panjang. Tingkah laku otomatis ini dikarenakan suatu yang telah terbiasa kita lakukan sehingga membentuk suatu pola yang terus menerus berputar semakin membesar. Semakin besar siklus itu niscaya semakin sulit juga untuk mengubahnya. Tugas pendidikan adalah mengontrol atau mengelola setiap tingkah laku dan menbiasakannya untuk membentuk pola tingkah laku yang baik. Membentuk akhlak yang baik dan mencegah akhlak buruk terbentuk. (2) Implementasi konsep pendidikan (akhlak) dalam buku How to Master Your Habits dalam metode pendidikan akhlak dapat dilakukan dengan cara; pertama, sebagai pendidik dapat menjadi contoh tauladan yang baik sehingga dapat menjadi indpirasi peserta didik dan mampu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk berubah dari biasa menjadi luar biasa. Kedua, sebagai peserta didik dengan membiasakan kebiasaan yang luar biasa dengan konsisten minimal 30 hari berturut-turut tanpa jeda satu haripun. Ketiga, dalam lingkungan pendidikan dapat mengkondisikan bagaimana peserta didik dapat membiasakan kebiasaan barunya tanpa kendala, sekaligus menjadi pengingat dan pemantau peserta didik terkait kebiasaan baru yang dibiasakan dalam rangka membentuk akhlak yang baru yang solid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Usman, SS., M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:31
Last Modified: 02 Aug 2017 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item