PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE SYI’IR DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

ALIFUL FATTHOR, NIM. 07420069 (2014) PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE SYI’IR DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE SYI’IR DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE SYI’IR DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Aliful Fatthor. Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Metode Syi’ir di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi peneliti yang telah menunjukkan bahwa di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muhtadin menerapkan metode syi’ir. Oleh karena itu, dalam skripsi ini penulis ingin meneliti tentang bagaimana pembelajaran kosakata dengan metode syi’ir di madrasah tersebut serta meneliti evektifitas metode syi’ir beserta manfaatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk data yang bersifat kualitatif, penulis penulis menyajikan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data kualitatif dengan mencari nilai rata-rata siswa dengan rumus mean. Sehingga penulis bisa mengolah dan menganalisis data-data yang diperoleh untuk menemukan satu formula atau konsep yang efektif mengenai metode pengajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode syi’ir dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa secara garis besar pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan metode syi’ir di MDA Al- Muhtadin sudah berjalan dengan baik dengan keberhasilan nilai rata-rata yang dicapai siswa dalam tes penguasaan kosakata bahasa Arab sebesar 70,48.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode syi’ir, pembelajaran kosakata bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:36
Last Modified: 05 May 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item View Item