KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK KAUM WANITA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB)

ANISA NURUL AENI , NIM. 09410293 (2014) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK KAUM WANITA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK KAUM WANITA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK KAUM WANITA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN TERHADAP TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

ANISA NURUL AENI. Konsep Pendidikan Akhlak Kaum Wanita (Kajian Terhadap Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Fokus penelitian ini adalah surat An-Nur ayat 31 dan surat Al-Ahzab ayat 33 dengan penafsiran menurut tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Secara umum, latar belakang penelitian ini adalah karena perkembangan zaman dan globalisasi terjadi maraknya wanita yang menjadi korban pelecehan, pemerkosaan, penjualan harga diri, yang mana jika di teliti salah satunya adalah dampak dari akhlak wanita itu sendiri. Dengan tidak menutup aurat, sombong, tabarruj, dan tidak menjaga kehormatan diri, hal itu bisa berdampak langsung pada diri sendiri ataupun berdampak bagi kaum wanita lain yang menjadi korban. Sehingga di perlukan pendidikan akhlak bagi setiap wanita, supaya dalam mengikuti arus globalisasi ini tetap melekat akhlak mulia. Selanjutnya, penyusun juga berusaha untuk menemukan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama, dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Sedangkan dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan metode dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (Content Analisys), dengan metode deduksi sebagai teknik berpikirnya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) seorang wanita harus menjaga akhlaknya dalam menjaga pandangan, memelihara kemaluan, tidak ber-tabarruj, selalu melaksanakan shalat dan mengeluakan zakat, dan yang terakhir adalah bertaubat. Pendidikan akhlak pada kaum wanita bisa dilakukan sejak usia dini. Dalam proses pendidikan ada tiga yang berpengaruh, yaitu keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam menanamkan akhlak pada anak haruslah menggunakan metode, materi, dan media yang sesuai. Seperti dalam mengajarkan anak shalat maka bisa menggunakan metode praktek dan pembiasaan, dengan materi rukun, syarat dan bacaan shalat. 2) Relevansi pendidikan akhlak kaum wanita menurut M. Quraish Shihab bisa dilihat dari tujuan pendidikan, materi, dan metode. Dalam tujuan pendidikan terdapat relevansi yaitu menjadikan peserta didik tetap berakhlak dalam mengikuti arus zaman. Dalam materi adalah materi yang terdapat dalam mata pelajaran akhlak, yaitu materi menutup aurat, hubungan dengan bukan mahram, shalat, zakat, bertaubat. Dalam metode bisa dengan metode praktek, pembiasaan, keteladanan, dan metode nasihat. Konsekuensi dari adanya persesuaian tersebut tentu dimaksudkan agar tertuju pada diri anak, yang mana dengan memahami konsep akhlak pada wanita, maka akan menjadikan nilai plus sendiri bagi pendidik agar lebih mudah dalam upaya penginternalisasian nilai-nilai Islam, serta pembentukan sikap dan karakter anak didik yang shalih, berakhlak mulia, dan berwawasan qur’ani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:39
Last Modified: 02 Aug 2017 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum