TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIS TERHADAP KEGIATAN FORUM PERSAUDARAAN UMAT BERIMAN YOGYAKARTA)

ARIF UTOMO , NIM. 10410121 (2014) TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIS TERHADAP KEGIATAN FORUM PERSAUDARAAN UMAT BERIMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIS TERHADAP KEGIATAN FORUM PERSAUDARAAN UMAT BERIMAN YOGYAKARTA) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIS TERHADAP KEGIATAN FORUM PERSAUDARAAN UMAT BERIMAN YOGYAKARTA) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Arif Utomo. Toleransi Antar Umat Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam (Analisis Terhadap Kegiatan Forum Persaudaraan Umat Beriman Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kasus intoleransi pada masa dewasa ini yang mengatasnamakan agama. Intoleransi yang mengatasnamakan agama semakin meluas, tidak hanya dalam intern satu agama, namun juga terjadi antar umat beragama. Hal ini dicontohkan dalam kejadian bom Bali yang mengatasnamakan semangat jihad, pembantaian di Poso, bom-bom yang terjadi di gereja saat malam natal, dll. Bahkan dampaknya sekarang di masyarakat sering terjadi justifikasi terhadap suatu agama apabila terjadi peristiwa intoleran. Contohnya setiap kasus terorisme maka semua opini selalu tertuju bahwa umat Islam adalah pelakunya. Dengan realita seperti ini tentu adanya kegiatan penggerak aktivitas hidup yang lebih toleran sangat diperlukan. Oleh karena itu perlu menggali dan mempelajari konsep toleransi dari komunitas atau organisasi penggiat kegiatan toleransi. Di Yogyakarta komunitas atau organisasi yang paling tepat adalah Forum Persaudaraan Umat Beriman Yogyakarta, forum ini concern pada kegiatan pengembangan toleransi. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian lapangan (field research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian sosiologi agama, karena mengkaji tentang rangkaian peristiwa, institusi, organisasi dan pola perilaku dalam kehidupan beragama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep toleransi yang digagas oleh Forum Persaudaraan Umat Beriman Yogyakarta tidak jauh berbeda dengan konsep toleransi dalam Pendidikan Islam. FPUB memberikan konsep bahwa toleransi dapat diwujudkan dalam dua sikap, yaitu membiarkan eksis terhadap sesuatu, tanpa memusuhi, dengan menghormati keyakinan lain dalam berpretensi menyalahkan, kedua, bekerjasama dalam bidang tertentu. Membiarkan eksis berarti menghargai hak-hak yang lain bukan berarti membenarkan secara mutlak, akan tetapi sebatas pada pengakuan bahwa (agama) yang lain mempunyai hak hidup sebagai makhluk Tuhan yang merdeka. Sedangkan dalam Pendidikan Islam, konsep toleransi diwakili beberapa poin, yaitu mengakui hak setiap orang, menghormati keyakinan orang lain, agree in disagreement, saling mengerti, tidak saling menjelekkan, tidak saling membenci dan selalu menghargai satu sama lain, kesadaran dan kejujuran. Dari sini terlihat bahwa konsep toleransi dari Pendidikan Islam juga mengedepankan penghormatan terhadap perbedaan walaupun itu perbedaan keyakinan. Jadi inti persamaan dari kedua konsep ini adalah adanya penghormatan terhadap perbedaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Toleransi, Antar Umat Beragama, Pendidikan Islam, FPUB.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 09:11
Last Modified: 02 Aug 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum