PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL

CHANDRA DEVI RAHMAWATI, NIM. 09480122 (2014) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

CHANDRA DEVI RAHMAWATI. Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Patalan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai peningkatan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai yang mencapai KKM dan mampu menjuarai lomba, hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran orang tua dan guru. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian peran orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV yang bertempat di MI Ma’arif Patalan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran yang dilakukan orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV MI Ma’arif Patalan; (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung peran orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar diantaranya: (a) Mendampingi, seperti mendampingi siswa belajar, baik di rumah atau saat pembelajaran. (b) Memberikan fasilitas yang dibutuhkan, seperti membelikan alat-alat sekolah, memberikan buku-buku penunjang, mobil antar jemput siswa dan pelayanan prima. (c) memberikan motivasi, seperti memberi semangat dan nasihat, memberikan hadiah. (d) Mengontrol dan mengarahkan, seperti mengontrol buku, membatasi kegiatan anak, mengontrol dari aspek prestasi, kepribadian dan mata pelajaran. (2) Peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn, yang dapat mencapai KKM bahkan melebihi. (3) Faktor pendukung meliputi adanya pelatihan guru, lingkungan yang kondusif, antusias orang tua, dan pendampingan spiritual. Faktor penghambat meliputi ekonomi keluarga kurang dan lokal MI yang sempit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran, Prestasi, PKn
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Mar 2014 03:17
Last Modified: 14 Feb 2017 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item View Item