METODE PEMBELAJARAN KITAB SYAR_U KAILĂNĪ ‘IZZĪ KARYA ALI IBNU HISYAM AL-KAYLANI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

DWI RAHMAWATI, NIM. 09420144 (2014) METODE PEMBELAJARAN KITAB SYAR_U KAILĂNĪ ‘IZZĪ KARYA ALI IBNU HISYAM AL-KAYLANI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN KITAB SYAR_U KAILĂNĪ ‘IZZĪ KARYA ALI IBNU HISYAM AL-KAYLANI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN KITAB SYAR_U KAILĂNĪ ‘IZZĪ KARYA ALI IBNU HISYAM AL-KAYLANI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dwi Rahmawati, Metode Pembelajaran Kitab Syar_u Kailānī ‘Izzī Karya Ali Ibnu Hisyam Al-Kaylani di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan guru dalam pembelajaran kitab Syar_u Kailānī ‘Izzī karya Ali Ibn Hisyam Al-Kailani di kelas III Mar_alah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta, hasil yang dicapai peserta didik dala mata pelajaran tersebut dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajaran kitab Syar_u Kailānī ‘Izzī di kelas III Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis induktif yaitu dengan menganalisis data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kitab Syar_u Kailānī ‘Izzī digunakan dalam pembelajaran sharaf di kelas III Marhalah II. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kitab ini adalah metode Grammar Translation Method (_āriqah al- Qawā’id Wa al- Tarjamah). Hasil belajar siswa kelas III M II dalam pembelajaran tersebut adalah Baik dengan nilai rata-rata kelas 65. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran kitab Syar_u Kailānī ‘Izzī tersebut adalah: Adanya minat dan semangat ustadzah yang tinggi, penjelasan yang dilakukan oleh teman sebaya, dan sumber belajar yang tidak terbatas, sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi siswa yang kelelahan sehingga kurang bisa konsentrasi dalam pembelajaran dan belum adanya kurikulum yang jelas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 10:48
Last Modified: 05 May 2017 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum