IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTING OUT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KEMADANG GUNUNGKIDUL

ERTI ERNINAWATI , NIM. 09420085 (2014) IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTING OUT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KEMADANG GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTING OUT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KEMADANG GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTING OUT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KEMADANG GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Erti Erninawati. Implementasi Strategi Active Learning Tipe Acting Out Dalam Meningkatkan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kemadang Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan menggunakan strategi active learning tipe acting out dapat meningkatkan mufradat Bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Kemadang Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 22 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi active learning tipe acting out dapat meningkatkan penguasaan mufradat kelas V SD Muhammadiyah Kemadang terdiri dari dua siklus dalam empat kali pertemuan. Dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu menghafal mufradat dengan gerakan, presentasi kelas, kuis dan penghargaan. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus I untuk pre test yaitu 18,45 dan post test 68,6. Selanjutnya siklus II rata-rata pre test adalah 50 dan post test 86,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning tipe acting out dapat meningkatkan penguasaan mufradat Bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Kemadang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 11:26
Last Modified: 05 May 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum