PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU TARIKH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

ESTI DAMAYANTI , NIM. 10410091 (2014) PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU TARIKH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU TARIKH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN INTERAKSI EDUKATIF GURU TARIKH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

ESTI DAMA Y ANTI. Peran Interaksi Edukatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di SMP Muhammadiyah 3 Depok diadakan pembelajaran Tarikh yang bertujuan untuk memberikan kemampuan dan pengetahuan kepada siswa agar bisa memahami nilai positif dari setiap materi yang diajarkan dengan penuh semangat dan rasa senang. Namun sebagian siswa dalam mengikuti pelajaran sering sekali mengalami kejenuhan atau kebosanan di kelas. interaksi edukatif merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk menciptakan motivasi pembelajaran yang aktif, kreatif, efisien, dan efektif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa konsep interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa guna menumbuhkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep interaksi edukatif dalam pembelajaran Tarikh dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran Tarikh guna menumbuhkan motivasi belajar di SMP Muhammadiyah 3 Depok Slenan Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi belajar, yaitu pendekatan yang meliputi aspek kejiwaan yang ada dalam diri siswa baik fisik maupun psikis yang berhubungan dengan perilaku di dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh. Untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedang pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep interaksi edukatif yang diterapkan guru Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman adalah menciptakan pembelajaran yang aktif baik sikap maupun mental. (2) Penerapan interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran tarikh guna menumbuhkan motivasi belajar siswa tidak lepas dari pemahaman guru terhadap siswa, tatap muka di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, komunikasi aktif antara guru dengan siswa terkait materi yang disampaikan . Adapun bentuk motivasi yang diberikan dalam menunjang pembelajaran Tarikh adalah dengan memberi angka, memberi pujian, ego involvement, menciptakan iklim kompetisi, memberitahukan hasil, dan memberi hukuman kepada siswa . yang nakal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 11:30
Last Modified: 22 Mar 2014 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum