POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

IKA FADILAH RATNA SARI , NIM. 10481008 (2014) POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

IKA FADILAH RATNA SARI, Pola Interaksi Edukatif dalam Proses Pembelajaran di MIN Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pelaksanaan pendidikan, tentu akan ditemukan berbagai kendala yang dapat menghambat keberhasilan proses pendidikan tersebut, baik yang ditimbulkan dari faktor internal maupun faktor eksternal. Lingkungan sebagai bagian dari faktor eksternal siswa sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan. Sebagai contoh sederhana, interaksi yang terbina antara guru dan siswa di dalam kelas pada saat proses pembelajaran, biasanya ada beberapa kesalahpahaman komunikasi sehingga informasi yang diterima siswa dari guru tidak sesuai dengan penjelasan dari guru saat pembelajaran di kelas berlangsung. Dampak kesalahpahaman komunikasi dari pola interaksi guru dan siswa bisa menjadi kebingunan pelajaran yang diterima siswa. Pada dasarnya dalam proses belajar mengajar gurulah yang menentukan dan menyediakan bahan ajar, metode, strategi maupun media pembelajaran yang akan dipakai dan siswa hanya menerima pelayanan dari guru saat proses pembelajaran berlangsung. Berangkat dari fenomena di atas, muncul sebuah asumsi bahwa agar proses pendidikan berjalan dengan baik maka perlu diciptakan sebuah pola interaksi edukatif antara guru dan murid yang baik pula. Di sini penulis telah meneliti pola interaksi dalam proses pembelajaran di MIN Pajangan Bantul untuk mengetahui pola interaksi dalam proses pembelajarannya dan mekanisme pada implementasi pola interaksi edukatif dalam proses pembelajaran di MIN Pajangan Bantul tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar MIN Pajangan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi edukatif dalam proses pembelajaran di MIN Pajangan Bantul meliputi tiga pola yang digambarkan pada pola segitiga, yang mana pada setiap bagian pola tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain dan bagian-bagian dalam pola tersebut yaitu terdapat guru, siswa, dan obyek belajar. Tiga pola interaksi edukatif tersebut, yaitu pola interaksi edukatif guru dengan siswa, guru dengan obyek belajar, dan siswa dengan obyek belajar. Pola interaksi edukatif ini dimunculkan saat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pola interaksi edukatif, peran guru, proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:05
Last Modified: 16 Feb 2017 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum