MEDIA VISUAL LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANẒUR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)

ISTIQOMAH, NIM. 10420049 (2014) MEDIA VISUAL LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANẒUR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MEDIA VISUAL LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANẒUR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MEDIA VISUAL LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANẒUR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Istiqomah, Media Visual Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Imlā’ Manẓuˉr (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPIT Baitussalam Prambanan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran imlā’ manẓuˉr dengan media visual lectora inspire dan membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media visual lectora inspire) dengan kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan media visual lectora inspire). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPIT Baitussalam Prambana tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 125 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rancangan nonprobability sampling berupa purposive sampling. Dari lima kelas diambil dua kelas yaitu kelas VII E (29 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D (29 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode test, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorof-Smirnov. Analisis data dengan uji “t”. Perolehan sekor ratarata post-test pada kelompok kontrol sebesar 73,79 sedangkan kelompok eksperimen sebesar 75,73. Berdasarkan nilai hasil post-test yang diperoleh siswa dalam pembelajaran imlā’ manẓuˉr dengan menggunakan media visual lectora inspire, disimpulkan bahwa siswa sudah dapat mencapai setandar ketuntasan yang ditetapkan di SMPIT Baitussalam Prambanan Sleman Yogyakarta. Adapun standar ketuntasan yang ditetapkan adalah dengan jumlah nilai 60. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui langkahlangkah mengajar imlā’ manẓuˉr dengan media visual lectora inspire yaitu pendahuluan (salam), inti (memperlihatkan materi imlā’ dengan media visual lectora inspire, guru dan siswa membaca materi imlā’, guru menutup materi imlā’ kemudian membaca semua materi imlā’, kata per kata, diulangi sekali lagi, mengoreksi tulisan) dan penutup (salam). 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran imlā’ manẓuˉr kelompok eksperimen dengan menggunakan media visual lectora inspire,dengan pembelajaran imlā’ kelompok kontrol tanpa media visual lectora inspire.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Visual Lectora Inspire dan Pembelajaran Imlā' Manẓuˉr
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:45
Last Modified: 28 Jul 2017 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum