“EFEKTIFITAS METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SARAF (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)”

MUH FADHOLI, NIM. 08420136 (2014) “EFEKTIFITAS METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SARAF (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (“EFEKTIFITAS METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SARAF (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)”)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (“EFEKTIFITAS METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SARAF (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)”)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)

Abstract

Muh Fadholi, “Efektifitas Metode Drill Dalam Pembelajaran Saraf (Studi Eksperimen Pada Kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013)”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilaksanakan di MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Sedangkan jenis penelitiannya yaitu eksperimen, yang prosedurnya antara lain Pre-experiment Measurement, Treatment, Post-experiment Measurement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode drill dalam pembelajaran saraf dan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar saraf kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran saraf berlangsung dengan baik dan lancar, proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dapat menumbuhkan minat dan antusias siswa, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar penguasaan ilmu saraf siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata (post-test) kemampuan siswa dalam penguasaan saraf kelompok eksperimen (VIIA) sebesar 85,59, sedangkan kelompok kontrol (VIIB) sebesar 79,34. Dan dari hasil uji ”t” diperoleh harga t hitung sebesar 2,220 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% dan signifikan 0,05 (t hitung > t tabel), selain itu 96,6% siswa kelompok eksperimen (VIIA) dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran s}araf sedangkan siswa kelompok kontrol (VIIB) yang dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran s}araf sebanyak 89,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran saraf dengan metode drill terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar saraf siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.SI.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 09:19
Last Modified: 21 Jul 2017 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum