PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA

NIKA HARJANTI, NIM. 09410173 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Nika Harjanti, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah proses pembelajaran selama ini masih terkesan berpust pada guru (teacher oriented), sehingga siswa hanya memperoleh pengetahuan secara teoritis dan bertidak pasif. Proses pendidikan pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan melalui media tertentu. Siswa akan berhasil dalam belajar apabila pada dirinya ada keinginan atau motivasi untuk belajar, tanpa adanya motivasi siswa tidak mengerti apa yang akan dipelajari dan tidak memahami mengapa hal itu perlu dipelajari. Setiap individu mempunyai gaya belajar yang berbeda, ada yang visual, audio, dan audio visual. Yang harus dilakukan untuk mengatasi perbedaan tersebut adalah dengan pemilihan metode yang tepat. Di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta siswa mengalami kesulitan dalam belajar Pendidikan Agama Islam dikarenakan guru lebih sering menggunakan metode ceramah. Kesulitan belajar juga disebabkan kurang aktifnya siswa, jarang bertanya, jarang mencatat dan dalam menyampaikan pendapat waktu dikelas. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi dan prestasi peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum penelitian, bagaimana penerapan strategi Peer Lesson dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bagaimana motivasi dan prestasi peserta didik setelah dilaksanakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untu mengungkapkan ada tidaknya pengaruh strategi dan metode pembelajaran terhadap motivasi dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel siswa kelas XI IPA SMA Kolombo Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Strategi Peer Lesson dan Metode Mind Mapping, dapat meningkatkan motivasi siswa dari yang sebelumnya 17,39% dalam kategori baik, 69,57% cukup baik, 8,69% kurang baik, dan 4,35% sangat kurang baik menjadi 17,39% dalam kategori sangat baik, 52,17% baik, 30,44% cukup baik. Dan setelah diuji dengan uji „t‟ hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan motivasi antara sebelum dan sesudah penelitian. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari yang sebelumnya rata-rata nilai kelas 57,17, pada siklus I rata-rata nilai kelas 74,78, dan pada siklus II 81,69, antara tes awal dan akhir terjadi peningkatan sebesar 24,52%. Setelah dianalisis dengan uji „t‟ terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara prestasi belajar sebelum dan sesudah penelitian. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa penerapan strategi dan metode pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 09:37
Last Modified: 24 Mar 2014 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum