PENGARUH IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN SOSIAL DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN

NUR ASNI AFIANA AFIAH , NIM. 10481013 (2014) PENGARUH IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN SOSIAL DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN SOSIAL DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN SOSIAL DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Nur Asni Afiana Afiah, 2014. Pengaruh implementasi full day school terhadap tingkat kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial di MI Sultan Agung Sleman. Skripasi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing : Dr. Ichsan, M. Pd. Full day school memberikan efek positif bahwa siswa lebih banyak waktu terlibat dalam kelas yang bermuara pada produktivitas yang tinggi, dan siswa juga menunjukkan sikap yang lebih positif, terhindar dari penyimpanganpenyimpangan karena seharian berada di kelas dan dalam pengawasan guru. Oleh karena itu, perkembangan anak secara sosial emosional kesempatan dan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya rumah dan sekitarnya cenderung berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi full day school terhadap tingkat kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial siswa di MI Sultan Agung Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan angket skala psikologi, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 50 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan lima hal: pertama, implementasi full day school di MI Sultan Agung Sleman dimulai pukul 06.15 dan berakhir 15.00, kurikulum yang memadukan mata pelajaran umum, agama, pesantren, serta pengembangan prestasi dan minat bakat. Kedua, Tingkat kecerdasan emosional siswa di MI Sultan Agung Sleman dikategorisasikan sedang, hal itu hal ini dikarenakan siswa merasa lelah, kurang istirahat. Ketiga, Tingkat penyesuaian sosial siswa di Mi Sultan Agung Sleman dikategorisasikan sedang, hal itu hal ini dikarenakan siswa kurang bermain dilingkungan rumah. Keempat, implementasi full day school (X) berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan emosional (Y1) siswa di MI Sultan Agung Sleman dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,437. Kelima, implementasi full day school (X) berpengaruh terhadap tingkat penyesuaian sosial (Y2) siswa di MI Sultan Agung Sleman dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,586. Hal itu karena beberapa faktor yaitu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sarana prasarana yang cukup lengkap, dan adanya kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Full day school, Kecerdasan emosional, Penyesuaian sosial.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Mar 2014 03:05
Last Modified: 27 Feb 2017 02:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item