PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRANSFORMASI SOSIAL ( TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO)

RAHMAD ARIFIN , NIM. 09470108 (2014) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRANSFORMASI SOSIAL ( TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRANSFORMASI SOSIAL ( TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRANSFORMASI SOSIAL ( TELAAH PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arifin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dalam Transformasi Sosial (Telaah Pemikiran Kuntowijoyo). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini berdasarkan tentang tantangan-tantangan pendidikan Islam ditengah perubahan-perubahan sosial. Transformasi sosial kekinian didominasi pemikiran modern yang menekankan sekulerisme dimana, ilmu agama dan ilmu umum terpisah secara rigid. Sehingga pendidikan Islam memerlukan revitalisasi paradigmanya sendiri, baik pada ranah konseptual keilmuannya, dan kurikulum. Disini, Penulis tertarik meneliti pemikiran Kuntowijoyo. Kuntowijoyo merupakan ilmuwan yang peka serta concern terhadap masalah-masalah perubahan sosial. Dalam transformasi sosial Kuntowijoyo melontarkan pemikirannya, pertama, Ilmu Sosial profetik yang berlandaskan nilai humanisasi, liberasi dan transendensi kedua, integralisasi keilmuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (Library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi didasarkan pada data primer dan data sekunder. Dalam analisis data, penulis menggunakan content analisis yakni pemahaman secara konsepsional yang berkelanjutan didalam deskripsi artinya melakukan analisis terhadap makna yang terkandung dalam keseluruhan pemikiran Kuntowijoyo tentang pengembangan kurikulum pendidikan Islam ditengah transformasi sosial. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukan Islam memerlukan teori-teori sosial dalam perubahan sosial. Salah satu yang dilontarkan Kuntowijoyo adalah Ilmu sosial Profetik yang berunsurkan humanisasi, liberasi, dan transendensi serta integral keilmuan agama dan umum. Kemudian diintegrasikan kedalam pendidikan Islam yang menghasilkan pertama, Konseptual pengilmuan pendidikan Islam yang integral dengan pendidikan umum yang berunsurkan nilai humanis, liberasi dan transendensi. yang kedua, pengembangan kurikulum, yakni integrasi pelajaran umum dengan agama untuk konteks kekinian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sibawaihi, M.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kurikulum, Pendidikan Islam, Transformasi Sosial, Dan Tokoh Kuntowijoyo
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 10:50
Last Modified: 28 Jul 2017 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum