EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER JUJUR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN WONOSARI GUNUNGKIDUL

AFIF BURHANUDIN, NIM. 09600015 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER JUJUR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER JUJUR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER JUJUR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap karakter jujur dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain pretest-posttest control group design di mana populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII MTsN Wonosari Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak kelasnya, diperoleh kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah karakter jujur dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel independen. Berdasarkan hasil uji-t skor gain skala kejujuran siswa diperoleh nilai signifikansi 0,257, nilai signifikansi lebih dari 0,05 (0,257 > 0,05) yang berarti rata-rata skor gain skala kejujuran siswa kelas eksperimen tidak lebih tinggi daripada rata-rata skor gain skala kejujuran siswa kelas kontrol. Sedangkan berdasarkan hasil uji-t post-test hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai signifikan 0,021, nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,021 < 0,05) yang berarti rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap karakter jujur siswa, tetapi model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Wonosari Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Reflektif, Pendekatan Realistik, Nilai-nilai Keislaman, Karakter Jujur, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Mar 2014 07:16
Last Modified: 27 Jan 2016 07:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item