PENGEMBANGAN MAJALAH IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I

JOKO ANDRIANTO , NIM. 08690079 (2014) PENGEMBANGAN MAJALAH IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MAJALAH IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MAJALAH IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Menghasilkan majalah IPA Terpadu tipe shared untuk SMP/MTs Kelas VII; 2) Mengetahui kualitas majalah IPA Terpadu tipe shared yang sudah dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP/MTs; 3) Mengetahui respon siswa terhadap majalah IPA Terpadu tipe shared yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan model Four D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun pada penelitian ini pelaksanaannya hanya sampai pada tahap develop. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, skala penilaian, dan skala respon siswa. Penilaian kualitas majalah IPA terpadu menggunakan skala Likert dengan menggunakan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan respon peserta didik menggunakan skala Guttman berupa pernyataan ya dan tidak. Data kualitas majalah IPA terpadu diperoleh dari 7 penilai. Kelayakan majalah IPA terpadu berdasarkan respon peserta didik uji coba skala kecil pada 7 siswa dan uji coba skala besar pada 15 siswa. Data hasil penilaian dan respon siswa terhadap majalah IPA terpadu dianalisis dengan pedoman kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian adalah 1) produk berupa majalah IPA Terpadu tipe shared untuk SMP/MTs Kelas VII yang berisi tentang materi IPA terpadu semester I; 2) kualitas majalah IPA Terpadu tipe shared untuk SMP/MTs Kelas VII berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, memiliki kategori Sangat Baik (SB), sedangkan menurut guru IPA memiliki kategori baik (B); 3) respon siswa terhadap majalah IPA Terpadu tipe shared untuk SMP/MTs Kelas VII pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar memiliki kategori Setuju (S).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Majalah, IPA Terpadu, Tipe Shared.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 14:24
Last Modified: 15 Feb 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum