PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

RISMA ANGGIRA KINASTIASIH, NIM. 08600073 (2014) PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
BAB I, V, DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pocket book berbasis PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada pembelajaran matematika SMP/MTs kelas VII semester genap yang berkualitas berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan. Produk ini digunakan sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subyek penelitian adalah dosen ahli, guru, siswa kelas VI SD Nolobangsan dan siswa MTsN LAB UIN kelas VIIA dan VIIIC. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan pocket book berbasis PMRI yang berkualitas ditunjukkan dengan penilaian validator ahli dengan rerata skor 172,5 sehingga mendapat nilai A dengan persentase keidealan sebesar 86,25% secara keseluruhan pada setiap aspek kelayakan pocket book dengan mencakup seluruh prinsip dalam PMRI yaitu prinsip aktivitas, prinsip realitas prinsip berjenjang, prinsip jalinan, prinsip interaksi dan prinsip bimbingan. Pocket book juga mendapat respon positif dari siswa yang ditunjukkan oleh hasil dokumentasi, wawancara, dan angket penilaian siswa kelompok besar dengan mendapatkan nilai B pada setiap aspek kelayakan pocket book. Dampak dari penerapan pocket book yaitu meningkatnya kemandirian belajar siswa dengan persentase peningkatan rata-rata sebesar 10,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, pocket book, PMRI, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Mar 2014 07:26
Last Modified: 27 Jan 2016 03:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item