P ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI FAMILI FABACEAE (SUKU POLONG-POLONGAN) UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

IKA MURYANI, NIM. 08680040 (2014) P ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI FAMILI FABACEAE (SUKU POLONG-POLONGAN) UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (P ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI FAMILI FABACEAE (SUKU POLONG-POLONGAN) UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (P ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI FAMILI FABACEAE (SUKU POLONG-POLONGAN) UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan modul biologi materi famili Fabaceae berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebagai bahan ajar biologi di SMA/MA dan mengetahui kelayakan modul materi famili Fabaceae berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan prosedural mengikuti langkah-langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan meliputi enam langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket untuk uji kualitas modul biologi dan soal pretest-postest untuk uji coba terbatas. Penilaian kualitas modul biologi dilakukan oleh reviewer (peer reviewer dan guru) dan respon siswa SMA kelas XI terhadap penggunaannya dalam pembelajaran. Uji coba terbatas untuk melihat kualitas modul yang dibuat terhadap hasil belajar siswa diuji menggunakan uji t-test. Hasil penelitian pengembangan adalah modul biologi materi famili Fabaceae berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM). Berdasarkan hasil penilaian reviewer, kualitas modul Sangat Baik (SB) dengan persentase penilaian 85,77% dan persentase berdasarkan respon siswa 90,44%, sehingga modul layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif siswa kelas X SMA/MA. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa penggunaan modul biologi materi famili Fabaceae berbasis STM efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan modul Biologi, famili Fabaceae, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM).
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 14:32
Last Modified: 17 Mar 2016 17:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum