PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 JATINOM

PUTRI ARBAI YAHSA , NIM. 09680003 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 JATINOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 JATINOM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 JATINOM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada proses pembelajaran biologi. Model penelitian yang dilaksanakan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A semester genap SMP N 1 Jatinom tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari pengisian angket dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase pada setiap aspek. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari pre-tes dan post-test disetiap siklus kemudian ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I, dan selisih nilai rerata post-test siklus III dengan nilai rerata post-test siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat diterapkan dalam pembelajaran biologi. Model ini juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi di kelas VIII A SMP N 1 Jatinom tahun pelajaran 2012/2013 pada materi gerak pada tumbuhan. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari persentase masing-masing aspek, meliputi aspek rasa senang dan puas siswa, aspek tanggung jawab siswa, aspek perhatian siswa, aspek reaksi siswa, dan aspek keaktifan siswa yang meningkat di setiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai post-test dari siklus I ke siklus II sebanyak 17 dengan effect size 1,63 (efek tinggi) dan siklus II ke siklus III sebanyak 7,67 dengan effect size sebesar 0,7 (efek sedang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dias Idha Pramesthi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Student Team Achievement Divisions (STAD), motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Mar 2014 07:35
Last Modified: 07 Mar 2016 02:15
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item