ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA TAHUN 2009-2012

TRI LESTARI, NIM. 09390099 (2013) ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA TAHUN 2009-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA TAHUN 2009-2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (BUS) DI INDONESIA TAHUN 2009-2012)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan tersebut salah satunya dapat tercermin dengan meningkatnya jumlah bank syariah di Indonesia. Fungsi bank syariah yang pertama yaitu menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana. Bank syariah menghimpun dana dari masyarakat salah satunya dalam bentuk titipan dengan menggunakan akad mudharabah. Dalam penghimpunan dana pada simpanan mudharabah banyak faktor yang mempengaruhinya baik faktor eksternal maupun internal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency Ratio (BOPO), Non Performing Financing (NPF), inflasi, nilai tukar dan PDB terhadap tingkat bagi hasil di Bank Umum Syariah (BUS) tahun 2009- 2012. Penelitian ini termasuk dalam penelitian terapan. Populasi sekaligus sampel dari penelitian ini adalah tiga Bank Umum Syariah (BUS), yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI). Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka atau besaran tertentu yang sifatnya pasti sehingga data memungkinkan untuk dianalisis menggunakan pendekatan-pendekatan statistik. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Periode penelitian yang dilakukan dari triwulan I tahun 2009 sampai triwulan IV tahun 2012 sehingga diperoleh data sejumlah 48. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency Ratio (BOPO), Non Performing Financing (NPF), inflasi, nilai tukar dan PDB. Sedangkan bagi hasil simpanan Mudharabah merupakan vaiabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency Ratio (BOPO), Non Performing Financing (NPF), inflasi, nilai tukar dan PDB berpengaruh terhadap bagi hasil simpanan mudharabah pada Bank Umum Syariah (BMI, BSM dan BSMI). Sedangkan pengujian secara parsial Operational Efficiency Ratio (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap bagi hasil simpanan mudharabah. Variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), inflasi, nilai tukar dan PDB terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap bagi hasil simpanan mudharabah. Kata kunci: Bank Umum Syariah, bagi hasil, Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency Ratio (BOPO), Non Performing Financing (NPF), inflasi, nilai tukar dan PDB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBMBING: Dr. H. SLAMET HARYONO, SE., M.Si., Akt
Uncontrolled Keywords: Bank Umum Syariah, bagi hasil, Capital Adequacy Ratio (CAR), Operational Efficiency Ratio (BOPO), Non Performing Financing (NPF), inflasi, nilai tukar dan PDB.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Mar 2014 07:33
Last Modified: 26 Sep 2016 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum