TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP KELUARGA MASLAHAH (STUDI ATAS PANDANGAN NYAI MUDA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)

AFIDA LAILATA , NIM. 09350071 (2014) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP KELUARGA MASLAHAH (STUDI ATAS PANDANGAN NYAI MUDA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP KELUARGA MASLAHAH (STUDI ATAS PANDANGAN NYAI MUDA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP KELUARGA MASLAHAH (STUDI ATAS PANDANGAN NYAI MUDA PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan merupakan salah satu sunnah Rasul dan merupakan anjuran agama. Pernikahan dalam Al-Qur’an disebut sebagai miitsaaqan ghaliizhan (perjanjian agung). Akan tetapi, sekarang ini pada sebagian keluarga, menikah hanya sebagai sarana mendapatkan keturunan, dan penyaluran libido seksualitas atau pelampiasan nafsu syahwat belaka. Peran keluarga dianggap belum berfungsi, karena sistem yang berlaku di tengah kehidupan keluarga itu tidak menggunakan aturan-aturan Islam, serta kurangnya pemenuhan kebutuhan fisik dan non fisik dalam membangun keluarga. Oleh karena itu, membangun keluarga maslahah, merupakan unsur sentral dalam ajaran Islam, karena unit keluarga memang merupakan sendi utama masyarakat. Menurut pandangan Nyai muda Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, dalam membangun keluarga maslahah adalah bukan hanya bentuk dukungan pada upaya mendewasakan usia perkawinan, pengaturan kelahiran atau pembinaan ketahanan keluarga, tetapi juga upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga yang bersangkutan. Yang mana, pandangan tersebut juga telah sesuai dengan hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di Ponpes Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, dan bersifat deskriptif analisis, yaitu dengan memaparkan pendapat Nyai muda pengasuh Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak mengenai keluarga maslahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara terpimpin terhadap tiga Nyai muda tersebut. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku maupun kitab yang berhubungan dengan keluarga maslahah maupun konsep maslahah untuk mengetahui permasalah yang diteliti. Kemudian setelah penulis melakukan penelitian tersebut, maka analisis yang diperoleh bahwa konsep keluarga maslahah menurut Nyai muda Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak mengenai keluarga maslahah adalah keluarga yang bisa terpenuhi semua kebutuhan anggotanya. Dan konsep tersebut sudah sesuai dengan kriteria konsep keluarga menurut ajaran Islam. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan terhadap konsep keluarga maslahah menurut Nyai muda Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak yaitukeluarga yang terpenuhi atau terpelihara kebutuhan lahir dan kebutuhan batinnya. Konsep tersebut seiring juga denganlandasan unit-unit keluarga yang sehat akan berdiri tegak bangunan masyarakat yang sehat yang sesuai dengan konsep hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Malik Ibrahim, M.Ag.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:09
Last Modified: 06 Jun 2022 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum