PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN MITRA PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYAH BIT-TAMLIK (STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO CABANG KAUMAN YOGYAKARTA)

AMELIA INDRASWARI , NIM. 09390151 (2014) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN MITRA PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYAH BIT-TAMLIK (STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO CABANG KAUMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN MITRA PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYAH BIT-TAMLIK (STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO CABANG KAUMAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN MITRA PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYAH BIT-TAMLIK (STUDI KASUS PADA BMT BERINGHARJO CABANG KAUMAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kepuasan mitra pembiayaan menjadi tolak ukur penting dalam keberlanjutan aktivitas penyaluran dana di BMT serta dapat diukur melalui skala pengukuran kualitas jasa (SERVQUAL) yaitu reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Penilaian kepuasan diketahui dari adanya kesenjangan antara harapan sebelum menggunakan jasa dan hasil setelah menggunakan jasa. Jika hasil melebihi harapan, maka mitra akan merasa puas, dan sebaliknya, jika hasil kurang dari harapan, maka mitra merasa tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel (1) reliability (kehandalan), (2) responsiveness (daya tanggap), (3) assurance (jaminan), (4) emphaty (empati), secara parsial dan simultan terhadap kepuasan mitra pembiayaan ijarah muntahiyah bit-tamlik (IMBT) BMT Beringharjo Cabang Kauman Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuisioner, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu aplikasi SPSS version 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reliability yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan yaitu dengan signifikansi sebesar 0,002 dan variabel emphaty mempengaruhi kepuasan sebesar 0,012. Sementara itu, variabel reponsivenss dan assurance tidak memliki pengaruh terhadap kepuasan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,774 dan 0,637.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H.M. Yazid Affandi, S. Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepuasan mitra pembiayaan ijarah muntahiyah bit-tamlik (IMBT), reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:16
Last Modified: 26 Sep 2016 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum