ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO PASAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2008–2010

ANGGI MEINATI SARI , NIM. 08390013 (2014) ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO PASAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2008–2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO PASAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2008–2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO PASAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2008–2010)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pasar modal kini telah menjadi salah satu alternatif pembiayaan bagi perusahaan dan sarana investasi yang diminati oleh investor baik lokal maupun mancanegara. Investor akan membuat keputusan investasi guna menanamkan dananya melalui pasar modal bila ada perasaan aman akan investasi yang dilakukannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperoleh dan menganalisis informasi yang jelas tentang kinerja suatu perusahaan. Penilaian prestasi suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan itu dalam menghasilkan laba. Selain itu informasi kinerja perusahaan dapat dilihat pada laporan keuangan. Manfaat laporan keuangan tersebut menjadi optimal bagi investor apabila investor dapat menganalisis lebih lanjut melalui analisis rasio keuangan. Rasio keuangan berguna untuk memprediksi kesulitan keuangan perusahaan, hasil operasi, kondisi keuangan perusahaan saat ini dan masa mendatang, serta berbagai pedoman bagi investor mengenai kinerja masa lalu dan masa mendatang. Pengelompokan saham syariah di antaranya berada dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini bertujuan mengungkapkan bagaimana pengaruh rasio aktivitas (total assets turnover, inventory turnover, dan working capital turnover), rasio profitabilitas (return on assets dan net profit margin) dan rasio pasar (earning per share dan price earning ratio) terhadap return saham syariah dalam Jakarta Islamic Index (JII). Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa TATO, ITO, WCTO, ROA, NPM, dan EPS tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham syariah, sehingga dalam penelitian ini hanya PER yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham syariah. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa TATO, ITO, WCTO, ROA, NPM, EPS, dan PER berpengaruh positif signifikan terhadap return saham syariah. Hal ini dibuktikan dengan angka signifikansi sebesar 0,042 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sebagian besar hasil penelitian tidak signifikan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya karena adanya perusahaan yang tidak solvable dalam penelitian. Perusahaan dikatakan tidak solvable manakala total utangnya lebih besar dibandingkan dengan total asetnya, sehingga perusahaan tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan jangka panjangnya. Pemilihan periode penelitian yang mengambil saat terjadinya peristiwa krisis keuangan global, juga memberikan pengaruh terhadap hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Pasar, Return Saham Syariah, Jakarta Islamic Index.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Mar 2014 02:18
Last Modified: 26 Sep 2016 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11323

Actions (login required)

View Item View Item