PENGARUH NOMINAL BAGI HASIL, PEMBIAYAAN MURABAHAH, DAN SUKU BUNGA TERHADAP JUMLAH SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2013

HESTI DWIWAHYUNINGSIH , NIM. 10390006 (2014) PENGARUH NOMINAL BAGI HASIL, PEMBIAYAAN MURABAHAH, DAN SUKU BUNGA TERHADAP JUMLAH SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH NOMINAL BAGI HASIL, PEMBIAYAAN MURABAHAH, DAN SUKU BUNGA TERHADAP JUMLAH SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH NOMINAL BAGI HASIL, PEMBIAYAAN MURABAHAH, DAN SUKU BUNGA TERHADAP JUMLAH SIMPANAN MUDHARABAH PADA BANK BPD DIY SYARIAH PERIODE TAHUN 2008-2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Nominal Bagi Hasil, Pembiayaan Murabahah, dan Suku Bunga Terhadap Jumlah Simpanan Mudharabah Pada Bank BPD DIY Syariah Periode Tahun 2008-2013”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah nominal bagi hasil berpengaruh terhadap jumlah simpanan mudharabah pada bank BPD DIY Syariah, menganalisis apakah pembiayaan murabahah berpengaruh terhadap jumlah simpanan mudharabah pada bank BPD DIY Syariah dan menganalisis apakah suku bunga berpengaruh terhadap jumlah simpanan mudharabah pada bank BPD DIY Syariah. Populasi sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah bank BPD DIY Syariah dengan periode data triwulan I 2008 hingga triwulan II 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan wawancara, karena data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan yang dipublikasikan dan dari hasil wawancara dengan pihak BPD. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, kemudian data diolah dengan menggunakan spss 16.0 untuk menguji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nominal bagi hasil berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah simpanan mudharabah, pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah simpanan mudharabah dan suku bunga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah simpanan mudharabah. Pada uji F menunjukkan semua variabel independen (nominal bagi hasil, pembiayaan murabahah, dan suku bunga) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap jumlah simpanan mudharabah. Adapun koefisien determinasi (__) sebesar 0,915 yang berarti simpanan mudharabah pada bank syariah mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 91,5% dan sisanya sebesar 8,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Nuriyah Solissa.,SHI.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nominal Bagi Hasil, Pembiayaan Murabahah, Suku Bunga, Jumlah Simpanan Mudharabah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 11:03
Last Modified: 27 Sep 2016 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum