PENGARUH PENGUMUMAN KENAIKAN TARIF TENAGA LISTRIK TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX)

KHOTIBUL UMAM , NIM. 10390175 (2014) PENGARUH PENGUMUMAN KENAIKAN TARIF TENAGA LISTRIK TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUMUMAN KENAIKAN TARIF TENAGA LISTRIK TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUMUMAN KENAIKAN TARIF TENAGA LISTRIK TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan menjelaskan pengaruh kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham pada perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kelompok Jakarta Islamic index (JII). Secara umum kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) akan mengakibatkan naiknya biaya produksi suatu perusahaan (cost push inflation) yang akan berimbas pada proyeksi analisis investor dalam mempengaruhi hargaharga sekuritas di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi peristiwa (event study) yang akan menganalisis perubahan pergerakan abnormal return dan volume perdagangan saham di sekitar pengumuman kenaikan tarif tenaga listrik (TTL). Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perubahan ratarata abnormal return dan rata-rata volume perdagangan saham yang signifikan disekitar pengumuman kenaikan tarif tenaga listrik. Pengujian penelitian ini menggunakan uji beda dua rata-rata dengan uji t-statisitik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan priode pangamatan 7 hari sebelum pengumuman kenaikan tarif tenaga listrik dan 7 hari sesudah pengumuman kenaikan tarif tenaga listrik dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan yang tidak melakukan coorporate action disekitar priode pengamatan. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan adanya perubahan rata-rata abnormal return yang signifikan baik sebelum dan sesudah pengumuman kenaikan tarif tenaga listrik. Hal ini disebabkan adanya informasi asimetri di kalangan investor dan mendukung hipotesis pasar efisien setengah kuat. Sedangkan hasil pengujian pada hipotesis kedua menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada setiap rata-rata volume perdagangan saham baik sebelum maupun sesudah pengumuman kenaikan tarif tenaga listrik. Hal ini menunjukkan bahwa informasi pengumumankenaikan tarif tenaga listrikmemiliki kandungan informasi yang langsung direspons oleh investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sunarsih, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kenaikan tarif tenaga listrik (TTL), event study, abnormal return dan volume perdagangan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 13:53
Last Modified: 27 Sep 2016 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum