TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA TKI (STUDI KASUS DI WILAYAH PURWOKERTO KULON)

KHUSNUL KHOTIMAH , NIM. 09350004 (2014) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA TKI (STUDI KASUS DI WILAYAH PURWOKERTO KULON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA TKI (STUDI KASUS DI WILAYAH PURWOKERTO KULON))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA KELUARGA TKI (STUDI KASUS DI WILAYAH PURWOKERTO KULON))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keluarga adalah lembaga sosial terkecil dalam masyarakat, keharmonisan keluarga dapat terwujud jika unsur-unsur pembentukan keluarga harmonis itu terpenuhi dengan baik. Fenomena suami atau istri bekerja menjadi TKI bukanlah fenomena baru bagi masyarakat Purwokerto Kulon, karena dalam masyarakat Purwokerto Kulon suami atau istri menjadi TKI bukanlah sesuatu yang tabu dan dianggap sebagai pekerjaan yang hina, akan tetapi bekerja sebagai TKI merupakan pekerjaan mulia. Faktor yang mendorong istri bekerja sebagai TKI adalah adanya himpitan perekonomian keluarga yaitu; penghasilan suami yang kurang mencukupi kebutuhan keluarga, sempitnya lapangan kerja serta adanya tren yang terjadi di Purwokerto Kulon yaitu istri bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI). Fenomena tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi penyusun untuk menelitinya, karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa adanya permasalahan dalam keluarga TKI di saat suami dan istrinya bekerja di luar negeri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini adalah keluarga yang salah satu anggota keluarganya menjadi Tenaga Terja Indonesia khususnya 7 sampel keluarga yang bekerja sebagai TKI tentunya di wilayah Purwokerto Kulon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling yaitu, suatu teknik pengambilan sampel yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan waktu, biaya serta tenaga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Analisis instrument meliputi bagaimana pengaruh TKI terhadap pemenuhan nafkah keluarga serta adakah pengaruh TKI terhadap keharmonisan keluarga dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pengaruh TK Iterhadap pembentukan keluarga sakinah di wilayah Purwokerto Kulon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama: pengaruh TKI terhadap pemenuhan harta keluarga di wilayah Purwokerto Kulon, bian, kondisi keuangan terhambat,belum cukup dalam pemenuhan harta, karena dengan melakukan perceraian. Yang kedua : pengaruh TKI terhadap keharmonisan keluarga, bnyak keluarga TKI yang melakukan perselingkuhan bahkan perceraian mulai bertindak. Yang ketiga : Menurut Hukum Islam, bahwa di Purwokerto Kulom memberikan manfaat tapi memunculkan madharat dan karena madharatnya lebih besar, maka TKI tidak dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Supriatna, M.Si.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 13:56
Last Modified: 19 Oct 2021 17:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum