ANALISIS EFISIENSI LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS PADA RUMAH ZAKAT, LAZIS SWADAYA UMMAH, DOMPET DHUAFA DAN YBUI BNI TAHUN 2010-2012)

RAHMAD KADRY, NIM. 10390009 (2014) ANALISIS EFISIENSI LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS PADA RUMAH ZAKAT, LAZIS SWADAYA UMMAH, DOMPET DHUAFA DAN YBUI BNI TAHUN 2010-2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS EFISIENSI LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS PADA RUMAH ZAKAT, LAZIS SWADAYA UMMAH, DOMPET DHUAFA DAN YBUI BNI TAHUN 2010-2012) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFISIENSI LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS PADA RUMAH ZAKAT, LAZIS SWADAYA UMMAH, DOMPET DHUAFA DAN YBUI BNI TAHUN 2010-2012))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang sulit dihilangkan dari kehidupan di dunia, tanpa terkecuali bangsa Indonesia. Oleh karena itu salah satu upaya dalam mengatasi permasalah kemiskinan adalah pemberdayaan potensi Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS). Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Public Interest Research and Advocay (PIRAC) menunjukan bahwa potensi zakat di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun, dalam perjalanya tersebut penilaian mengenai kesehatan dan kinerja Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Indoensia perlu dilakukan. Sebab banyak sumber yang mengatakan bahwa ternyata LAZ di Indoensia masih belum optimal dalam menyalurkan dananya kepada mustahik. Maka dari itu penilaian tetang keefisiensi LAZ di Indonesia perlu dikaji ulang, sebab pengukuran LAZ itu sendiri berguna untuk dasar perhitungan kesehatan dan perkembangan LAZ di Indoensia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat efisiensi LAZ di Indonesia dalam menyalurkan dananya kepada mustahik dengan menganalisis variabel input-output (biaya sosialisasi, biaya operasional, mustahik, penerimaan dan penyaluran). Sedangkan pengambilan sempel dalam penelitian ini melalui purpsive sampling dan diperoleh sampel dari laporan keuangan tahun 2010-2012 dari keempat LAZ yaitu (Rumah Zakat, LAZIS Swadaya Ummah, Dompet Dhuafa dan YBUI BNI). Data yang terkumpul kemudian dianalisis berdasarkan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pendekatan produksi dan mengunakan dua asumsi dalam DEA yaitu asumsi CRS dan Asumsi VRS yang diformulasi ke dalam efisiensi skala (SE) yang dibantu dengan software DEAWIND. Hasil penelitian ini menjukan bahwa rata-rata yang memiliki efisiensi skala selama tahun pengamatan yaitu pada tahun 2010-2012 pada keempat LAZ adalah YBUI BNI di tahun 2010, Rumah Zakat tahun 2011 dan LAZIS Swadaya Ummah pada tahun 2012. Ini artinya menunjukan bahwa ketiga LAZ tersebut membuktikan kinerja yang baik pada masing-masing tahun. Terbukti dengan output yang dialokasikan telah optimal. Sedangkan LAZ yang tidak mengalami efisiensi skala dari tahun 2010-2012 yaitu Dompet Dhuafa dikarenakan pengunaan input yang dialokasikan masih melebihin target input yang dibutuhkan. Selain itu, berdasarkan pada tabel (4.1) peneliti dapat menyimpulakan secara rata-rata tingkat efisiensi masing-masing LAZ. Dompet Dhuafa yang menempati posisi terendah sebesar (65%), dimana urutan pertama ditempati oleh YBUI BNI sebesar (81%), kedua Rumah Zakat sebesar (76%) dan yang ketiga LAZIS Swadaya Ummah sebesar (74%) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Ghafur Wibowo, SE., Msc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Data Envelopment Analysis (DEA), Lemabaga Amil Zakat (LAZ), Constant Return to Scale (CRS), Variable Return to Scale (VRS)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 19:17
Last Modified: 18 Nov 2020 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum